Menuju 2 Tahun Bergabung Bersama ODOP Blogger Squad

 


Tak terasa hampir dua tahun saya bergabung besama ODOP Blogger Squad, salah satu anak komunitas dari keluarga besar ODOP (One Day One Post). Memang waktu yang masih terbilang cukup muda bagi saya untuk dikatakan telah menjadi seorang ahli. 

Awalnya saya hanya ingin terjun ke dunia kepenulisan, entah menulis di platform apa saja. Tidak ada kepikiran sama sekali akan serius menekuni dunia blogging. Lalu tiba-tiba ada open recruitment Komunitas ODOP. Saya pun memberanikan diri mendaftar sebagai member. Alhamdulillah lolos dan menjalani masa training selama dua bulan.

Selama dua bulan kami calon member ODOP diwajibkan untuk menulis di blog yang waktu itu blog saya masih gratisan. Akhirnya blog tersebut berubah ke domain TLD pun berkat gabung di ODOP Blogger Squad. 

Setelah dinyatakan lulus dari tantangan 60 hari menulis di blog, akhirnya saya dan teman-teman yang berada di batch 7 resmi dinyatakan sebagai keluarga besar komunitas ODOP. bangga sekali  di tahun 2019 karena kualitas menulis saya masih benar-benar belum berbobot deh. Walau sampai sekarang juga masih amburadul sih (selalu berusaha belajar tiap hari, Insha Allah).

ODOP Blogger Squad : Tak Terasa Hampir 2 Tahun Bergabung

Banyak ilmu yang saya dapatkan di ODOP Blogger Squad, antara lain:
  • Menulis Sesuai kaidah SEO
Ternyata menulis di blog tidak hanya sekadar menulis yang penting jadi lalu publish. Ada cara-cara dimana tulisan kita bisa menarik minat pembaca. Kaidah yang harus diperhatikan adalah teknik Search Engine Optimization (SEO) misalnya mengulang keyword beberapa kali di paragraf yang telah ditentukan, membuat Judul, Sub Judul dan paragraf sebaiknya terdiri dari tiga barus agar pembaca tidak bosan dengan tulisan kita.

Berikut saya jabarkan sedikit mengenai kaidah penulisan di blog yang sesuai SEO antara lain:
  1. Menulis meta description maksimal 150 kata
  2. Terdapat keyword atau kata kunci di awal paragraf yang tersebar merata di paragraf berikutnya
  3. Url maksimal 75 karakter dihitung dari awal url. Saya ambil contoh https://www.mariatanjung.com/2021/03/odop-blogger-squad.html kalau dijumlah total ada 60 karakter maka sudah sesuai kaidah SEO
  4. Judul maksimal 60 karakter. Saya ambil contoh judul Menuju 2tahun Bergabung Bersama ODOP Blogger Squad jika dihitung ada 51 karakter maka Insha Allah sudha sesuai
  5. Jika harus menyisipkan eksternal link maka ada baiknya juga menyisipkan internal link agar tidak mempertinggi angka Spam Score.

  • Belajar menulis dengan panjang kalimat minimal 300 kata
Dulu saya sulit sekali menulis 300 kata, serasa ide itu buntu ketika hendak dituangkan ke dalam tulisan. Mungkin rasa malas yang masih menggelayuti sehingga tulisan yang saya buat masih hanya sekadar menulis tanpa ada ruhnya.

Alhamdulillah sekarang minimal 500 kata bisa saya lalui dan target berikutnya adalah menulis minimal 1000 kata. Saat ini saya masih berlatih di 750 kata terlebih dahulu biar tidak kaget saja sih, wkwkwk.

Kunci utama dalam menulis panjang adalah banyak membaca buku. Itu saya rasakan ketika mulai rutin membaca buku. Semakin banyak buku yang dibaca tentu pengetahuan serta wawasan kita juga akan bertambah luas.

Jangan malu untuk membaca tulisan teman lain dalam blog mereka karena justru bisa menjadi bahan evaluasi bagi kita untuk memperbaiki kualitas tulisan. Saya banyak mengikuti beberapa grup Blogwalking demi bisa membaca tulisan teman-teman yang sekiranya bisa menjadikan bahan tema lain untuk ke depannya.

Namun tidak diperbolehkan untuk melakukan plagiasi ya gaes. Biar bagaimanapun akan sangat membahagiakan apabila bisa membaca tulisan yang benar-benar murni dari pemikiran kita. Jika memang terpaksa harus mengutip sumber berupa kalimat pengarang lain
  • Bertukar informasi seputar permasalahan ngeblog, terkait kendala dan hal lain.
Di grup ODOP Blogger Squad ada Mbak Jihan Mawaddah dan Mbak Maritaningtyas sebagai admin grup sekaligus pengisi materi seputar dunia ngeblog. Beberapa ilmu yang mereka ajarkan antara lain:
  1. Cara Memasang Google Analytic
  2. Cara Memasang Google Search Console
  3. Cara meriset Keyword
  4. Dan masih banyak materi lainnya yang akan segera disampaikan di minggu-minggu berikutnya.
Selain materi, teman-teman juga bertukar informasi misalnya saja bagaimana berlangganan aplikasi Canva Pro bagi yang ingin berbayar. Sebab seorang blogger harus memiliki kemampuan dalam menampilkan infografis sebagai pemanis dalam blog mereka. Apalah jadinya jika tulisan tanpa gambar, ibarat nasi tanpa lauk donk. Cie... cie...

  • Bagaimana riset keyword yang benar 
Terkait dengan keyword biasanya kita sesuaikan tema akan yang akan dibahas pada tulisan. Sebisa mungkin gunakan keyword yang sedang trend di masyarakat. Keyword yang tidak ada pesaingnya juga bisa menjadikan artikel tersebut unik namun seberapa sering masyarakat mencari tema tersebut.

Ada beberapa aplikasi untuk mencari keyword, sebut saja Neil Patel dan Semrush. Namun kembali lagi semua tergantung tingkat kenyamanan seorang blogger dalam menggunakan aplikasi tersebut. Saya pribadi jarang mencari keyword yang benar-benar pas kecuali kalau artikel tersebut untuk keperluan job atau sedang mengikuti lomba.

Harapan Bergabung di ODOP Blogger Squad

Karena saya tipikal orang yang gampang malas, maka bergabung di komunitas adalah penyemangat di saat sedang letih, lesu karena pekerjaan utama sementara hasrat ngeblog masih membara.

Harapan terbesar saya adalah blog bisa menjadi teman di hari tua kelak sehingga akan saya rawat dengan penuh cinta dengan tulisan-tulisan. 

Kalau kalian sendiri bagaimana? Apa motivasi bergabung di ODOP Blogger Squad? Yuk bagikan di kolom komentar, siapa tahu kita bisa sharing.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Menuju 2 Tahun Bergabung Bersama ODOP Blogger Squad"