Oven Gas Otomatis : Investasi Usaha di Masa Pandemi

Oven Gas Otomatis
Sumber Gambar : jayaagungmesin.com


Bagi Anda yang ingin berusaha di bidang kuliner khususnya penjualan roti, saya rekomendasikan oven gas otomatis yang bisa mempermudah kerja jika ingin membuka usaha di bidang bakery. Tak perlu repot apabila Anda menerima orderan dalam jumlah besar karena oven gas otomatis dapat bekerja secara maksimal.

Pandemi mengharuskan masyarakat berpikir kreatif agar dapat bertahan hidup bagi mereka yang terkena imbas. Usaha kuliner diyakini masih bisa bertahan di tengah pandemi. Lalu mengapa usaha kuliner bisa tetap bertahan, beberapa faktornya adalah berikut ini:
  • Setiap orang membutuhkan makanan 
Saya rasa point pertama ini merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi oleh tiap individu. Makan adalah kebutuhan primer anak manusia. Mau semurah apapun harga makanannya juga tetap akan dicari apabila seseorang dalam keadaan lapar.

Hal inilah kemudian menggerakan beberapa orang untuk mencoba peruntungan di bidang kuliner. Dengan fasilitas sederhana pun, usaha makanan bisa tetap berdiri dan mendapat pangsa pasar tersendiri.
  • Variasi dalam bisnis kuliner
Dengan kreativitas dan insting bisnis membuat seseorang yang berkecimpung di bidang kuliner tidak akan pernah kehabisan ide dalam menjual makanannya. Selalu ada saja menu baru yang bisa dijadikan target untuk merebut hati konsumen.

Saya ambil contoh ketika pandemi membatasi ruang gerak masyarakat untuk ke luar rumah, maka segelintir pelaku UMKN kuliner mencoba membuat makanan beku atau frozen yang kemudian dipasarkan melalui online.

Hal tersebut rupanya menarik minat para konsumen sehingga banyak yang berbondong-bondong membeli makanan beku untuk dikonsumsi selama pandemi.

Ketika menjalankan usaha kuliner, seseorang harus memiliki peralatan tempur untuk menunjang bisnisnya. Tentu tidak mau donk ketika sedang laris-larisnya berjualan, tiba-tiba peralatan tempur yang berupa peralatan memasak tersebut harus rusak di tengah jalan.

Salah satu peralatan tempur bagi pengusaha kuliner adalah oven yang dalam berbagai kondisi bisa dikatakan multifungsi alias bisa dipakai untuk membuat makanan dimana prosesnya melalui pemanggangan maupun pembakaran.

Mengenal Sejarah dan Jenis Oven : Peralatan Membuat Roti dan Kue yang Tak Lekang Oleh Waktu

Oven adalah salah satu peralatan memasak yang berbentuk persegi dengan ruangan di dalamnya memancarkan suhu panas yang dapat dipergunakan untuk membuat olahan daging, membuat roti dan kue dengan cara dipanggang pada suhu tertentu.

Oven sendiri terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:
  • Oven Konvensional
Bukan bermaksud mengecilkan fungsi dari oven dengan kata konvensionalnya namun oven ini kebanyakan berada di rumah tangga dan kapasitas memanggangnya masih dalam skala kecil.

Adapaun oven konvensional sendiri dapat terbagi dua yaitu oven yang terlepas dari kompor gas dan oven yang menyatu dengan kompor gas. Biasanya oven yang menyatu dengan kompor gas berada di bawah tungku kompor.
  • Oven Listrik
Dari namanya kita sudah mengetahui bahwa oven tersebut menggunakan tenaga listrik untuk memanggang makanan atau membuat kue. Daya listrik yang dipakai tentu harus dalam keadaan besar agar proses pematangannya sempurna.

Sedikit kekurangan dari oven listrik adalah manakala terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan sebelumnya. Setidaknya kita harus memiliki cadangan oven konvensional apabila oven listrik tidak berfungsi maksimal.
  • Oven Gas Otomatis
Nah, berbicara mengenai peluang bisnis kuliner yang semakin memilik prospek cerah di masa pandemi, maka untuk menunjang bisnis tersebut maka oven gas merupakan investasi yang menguntungkan apabila digunakan dalam produksi pembuatan kue, roti maupun kuliner lain yang membutuhkan proses pemanggangan dan pembakaran.

Oven gas otomatis bukan hanya dimotori oleh gas sebagai tenaga memasak namun juga didukung oleh tenaga listrik untuk menunjang hasil akhir dari pembuatan kue khususnya roti akan matang secara maksimal dan merata.

Oven gas otomatis memiliki fitur api atas dan juga api bawah dimana akan menghasilkan kualitas roti yang lembut. Oven gas otomatis juga dilengkapi pengatur suhu di dalam ruangan oven dan timer atau pengatur waktu untuk mengoperasikan pembuatan kue ataupun roti tanpa kuatir hilang cita rasa yang dihasilkan.

Jadi bagi pengusaa bakery, penggunaan oven gas otomatis ini akan sangat mempermudah proses produksi karena dilengkapi fitur-fitur yang modern dan tidak perlu kuatir dengan hasil pemanggangan. 

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat saya mengenai benda bernama oven khususnya oven gas otomatis yang menjadi penunjang bagi pengusaha kuliner dalam operasional usahanya. Hendaknya jika ingin membeli oven gas otomatis yang berkualitas, cari tahu sebelumnya mengenai produsen atau distributor penjual oven agar tidak salah dalam membeli.

Jika perlu Anda bisa datang ke alamat produsen atau distributor oven dan mintalah katalog berbagai jenis oven yang mereka jual. Konsumen yang cerdas harus tahu sebelum membeli barang bukan.

Selamat bekerja untuk kalian penggerak usaha kuliner. Tetap semangat!
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Oven Gas Otomatis : Investasi Usaha di Masa Pandemi"