Manfaat USG 4D yang Perlu Anda Ketahui

 
Usg 4D


Setiap perempuan yang sudah menikah pasti memiliki harapan untuk bisa melahirkan buah hati dari rahimnya sendiri. Ketika sudah menikah maka pasangan suami istri akan melakukan hubungan suami istri sebagai sarana proses reproduksi dalam upaya mendapatkan buah hati.

Jika ada tanda terlambat bulan biasanya mom harus segera memeriksakan diri secara sederhana terlebih dahulu biasanya menggunakan alat test kehamilan sederhana yang banyak dijual di apotek. Setelah diketahui positif hamil dari alat test kehamilan, maka mom harus segera ke dokter kandungan untuk memeriksakan lebih akurat kehamilan trsebut.
 
Biasanya dokter akan melakukan tindakan ultrasonografi medis atau yang disingkat dengan USG kepada mommil untuk mengetahui kondisi kehamilan. Adapaun USG sendiri merupakan suatu alat bantu dalam dunia kedokteran yang bertujuan untuk menghasilkan gambar tanpa melalui rasa sakit. Tentu saja gambar yang dihasilkan dengan memanfaatkan gelombang suara atau ultrasound dengan frekuensi tinggi. USG sendiri tidak hanya dilakukan bagi ibu hamil namun untuk beberapa kondisi penyakit lainnya.

Mengenal USG 4D dan Kegunaannya

USG sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu:
  • USG Standar atau 2D
USG ini pada umumnya dilakukan untuk mengetahui kehamilan awal yang terjadi pada mom ketika merasakan tanda-tanda hamil. Dokter akan menggosokkan tongkat ke atas perut mommil untuk mendapatkan gambar dua dimensi janin di rahim mommil.
  • USG 3D
Tipe USG ini lebih lengkap dalam melihat pertumbuhan serta perkembangan janin. USG 3D ini bisa mengetahui jika ada permasalahan pada janin selama kehamilan.
  • USG 4D
USG 4D tidak hanya menghasilkan gambar namun juga gamabr bergerak seperti dimana dokter, mommil dan juga ayah dapat melihat gerakan, wajah serta ekspresi janin dengan jelas. Walaupun biaya USG 4D paling tinggi dibanding jenis USG lainnya namun USG ini memiliki banyak manfaat bagi orangtua bayi dan juga dokter sebagai profesi yang mendiagnosa keadaan si bayi ketika dalam kandungan.

Beberapa manfaat USG 4D yang perlu Mommil dan Ayah ketahui ketika akan memeriksakan kehamilan ke dokter antara lain:
  • Menampilkan gambar bergerak seperti video
  • Jika ada gangguan pada janin maka dokter akan dengan mudah mendeteksi serta mendiagnosa gangguan tersebut
  • Sebagai langkah berikutnya untuk menentukan serta memastikan diagnosis jika ditemukan gangguan pada janin.
  • Untuk memastikan ada tidaknya kelainan pada rahim dan juga panggul Mommil menjelang Hari Perkiraan Lahiran (HPL).

Kehamilan Sehat : Rekomendasi Mommil dan Ayah Untuk Melakukan USG 4D

Salah satu klinik yang bisa jadi rekomendasi Mommil dan Ayah untuk melakukan USG 4D tentu saja Kehamilan Sehat. Hayo, sudah pernah dengar belum mengenai Kehamilan Sehat? Kebetulan kantor saya dekat banget nih dengan Kehamilan Sehat yang berlokasi di Ngagel Jaya Utara, Surabaya.

Kehamilan Sehat sendiri merupakan klinik yang melayani konsultasi seputar kehamilan yang berdiri sejak tahun 2016. Kehamilan Sehat tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Bahkan di tahun 2021 Kehamilan Sehat sudah memiliki 16 cabang di beberapa kota di Indonesia. 

Berikut menfaat yang Mommil dapatkan ketika melakukan USG 4D di Kehamilan Sehat, yaitu:
  1. Diperiksa langsung oleh Dokter Sp.OG yang bersertifikasi
  2. Harga yang kompetitif dan bersahabat
  3. Pelayanan setara dengan kualitas rumah sakit
  4. Selain Dokter yang bersertifikasi juga dilayani oleh tenaga medis lainnya seperti bidan yang berpengalaman tentu saja dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang tepat.


Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat saya mengenai manfaat jika Mommil dan Ayah melakukan USG 4D di Kehamilan Sehat. Jangan kuatir Mommil, selain melayani pemeriksaan USG 4D, Kehamilan Sehat juga memberikan pelayanan lain, diantaranya:
  1. Program kehamilan
  2. Pemeriksaan rutin kehamilan
  3. Persalinan normal
  4. Obat dan Vitamin untuk Ibu Hamil
  5. Senam hamil
  6. Vaksinasi
  7. Pemasangan IUD 
Segera hubungi Customer Service Kahamilan Sehat untuk membuat janji dengan dokter kandungan terkait. Mommil bisa hubungi nomor whatsapp di 0811 1725 959 atau direct message di akun instagram @kehamilansehat.
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

5 komentar untuk "Manfaat USG 4D yang Perlu Anda Ketahui"

  1. Waktu hamil dulu saya ga kepikiran USG 4D Mbak. Jadi agak nyesel deh. Tapi beneran ga ingat. Cuma ingatnya USG aja dan itu yang 3D.
    Kalau di bidan sih pasti 2D Hihihi

    BalasHapus

  2. Dulu sempat disarankan dokternya usg 4 dimensi... demi mengetahui lebih detil..karena semua normal dan on the track jadi hanya sekali aja dilakukan ...

    Dulu belum banyak, jadi hrus merujuk ke rs lain... sekarang mungkin sudah banyak ya kak

    BalasHapus
  3. Teknologi di bidang kesehatan juga makin maju ya, salah satunya dengan kehadiran USG 4D ini yang bisa mendeteksi sejak dini jika ada masalah di kehamilan. Semoga harganya bisa makin terjangkau, jadi tingkat kematian ibu melahirkan bisa ditekan

    BalasHapus
  4. wah sudah semakin canggih ya Mba teknologi jaman sekarang, sudah ada USG 4Dnya. Untuk klinik kehamilan sehatnya bagus ya Mba, pelayanannya lengkap, siip rekomendasinya Mba

    BalasHapus
  5. sangat membantu banget untuk para ibu hamil agar bisa melihat perkembangan janin anaknya dengan USG 4D keren yaa

    BalasHapus