Mengenal Apa Itu Antioksidan dan Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh

 

Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa manfaat antioksidan bagi tubuh sangatlah besar, dan paling banyak menyakini bahwa zat ini berperan aktif dalam meminimalisir berbagai macam penyakit dan juga penuaan dini. Padahal sebenarnya selain kedua manfaat tersebut, zat anti oksidan juga memiliki segudang manfaat lainnya.

Ulasan berikut ini akan menjelaskan tentang apa itu zat antioksidan dan apa saja manfaat antioksidan bagi tubuh Anda.

Manfaat Antioksidan


Mengenai Apa Itu Zat Antioksidan

Anda tentu sudah sangat sering mendengar tentang antioksidan, apalagi istilah ini juga sangat sering muncul di berbagai media seperti televisi, media online dan media lainnya. Lalu, apa sebenarnya antioksidan ini?

Jadi, antioksidan merupakan sebuah senyawa yang memiliki fungsi mencegah sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak akibat adanya paparan zat radikal bebas. Radikal bebas ini sendiri merupakan zat-zat kimia yang memiliki sifat tidka stabil yang dapat merusak sel di dalam tubuh Anda.

Apabila paparan radikal bebas ini tidak terkendali di dalam tubuh, maka beberapa risiko mungkin akan Anda rasakan, Seperti diantaranya terjadinya penuaan dini, risiko penyakit dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Zat antioksidan ini sebenarnya dapat dengan mudah Anda temukan di makanan, minuman maupun suplemen antioksidan atau nutrasetika berbahan alam untuk antioksidan seperti pada beberapa Nutrasetika dari UNIHEALTH seperti Asta-Gold, Asta-Gen 4, Asta-Gen 12 dan juga Magozal.

Nutrasetika tersebut merupakan Nutrasetika untuk antioksidan yang berbahan dasar alami yang dihasillkan dari inovasi serta teknologi yang sudha teruji secara klinis.

ASTAxanthin reGENeration



Sebagai contoh Asta-Gen 12 merupakan singkatan dari ASTAxanthin reGENeration, ASTAxanthin sendiri sering disebut Raja Karotenoid karena reputasinya sebagai salah satu antioksidan paling kuat yang dapat ditemukan di alam. Zat ini sangat penting karena tidak pernah berubah menjadi pro-oksidan. Artinya, zat ini tidak akan pernah menyebabkan terjadinya oksidasi yang merusak tubuh, sekaligus menjadikannya zat dengan kaya manfaat dan kinerja yang sempurna bagi kesehatan.

Astaxanthin yang cocok dan aman untuk dikonsumsi manusia adalah yang berasal dari tumbuhan ganggang Haematococcus pluvialis. Astaxanthin adalah golongan karotenoid alami yang memiliki sifat antioksidan dan kekuatan anti penuaan melawan radikal bebas 500x dari Vitamin E, 560x dari Green Tea, 800x dari CoQ10, 3000x dari Resveratol, 6000x dari Vitamin C.


Apa Saja Manfaat Antioksidan untuk Tubuh?

Antioksidan memang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, beberapa diantara manfaat antioksidan adalah:

Manfaat antioksidan



1. Membantu Mempertahankan Kesehatan Kulit

Salah satu manfaat antioksidan adalah untuk membantu menjaga kesehatan kulit Anda. Tanpa Anda sadari saat kulit terpapar cahaya matahari secara langsung, kulit Anda akan mengalami apa yang dinamakan oksidasi. Hal ini mengakibatkan kerusakan pada sel, DNA dan juga protein kulit. Efeknya adalah kerusakan pada kulit dan juga penuaan dini.

Antioksidan terkuat untuk mengatasi masalah kulit ini adalah perpaduan antara vitamin E, beta karoten dan juga astaksantin.

2. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Seperti yang Anda tahu bahwa antioksidan memiliki manfaat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini menimbulkan efek tubuh yang tidak mudah sakit, Ketika asupan antioksidan Anda kurang, maka secara otomatis imun tubuh Anda akan melemah, sehingga akan lebih mudah terkena penyakit. Untuk itu, rutin mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan yang tinggi sangat dianjurkan.

3. Mencegah Adanya Penyakit Saraf

Zat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh ternyata juga bisa menyebabkan gangguan pada suasan hati, depresi, kecemasan dan juga dapat memicu penyakit neurologis. Dalam hal ini antioksidan bisa mengambil peran sebagai anti peradangan pada saraf yang diakibatkan oleh radikal bebas tersebut. Efek lainnya adalah akan berkurangnya rasa depresi, kecemasan dan gejala yang terkait.

Manfaat antioksidan



4. Membantu Meningkatkan dan Menjaga Kesehatan Mata

Jenis antioksidan lutein yang Anda konsumsi dapat membentuk vitamin A yang sangat membantu dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata Anda. Selain itu vitamin A juga berfungsi untuk mengatur pigmen yang diproduksi oleh retina.

Dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lutein dan vitamin A, otomatis kesehatan mata Anda akan semakin terjaga dan semakin membaik.

5. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Salah satu fungsi antioksidan bagi tubuh adalah untuk membantu menjaga kesehatan organ hari Anda. Organ hati memiliki tugas untuk mendetoksifikasi racun yang masuk ke dalam tubuh, serta menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif yang ternyata mampu menyebabkan kerusakan pada organ hati Anda.

Antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal bebas akan membantu melindungi hati dari kerusakan, sehingga tidak mengganggu fungsinya dalam menjaga metabolisme tubuh.

6. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Manfaat antioksidan yang lainnya dan yang paling disukai kaum wanita dalah mencegah terjaninya penuaan dini. Antioksidan ini mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan yang terjadi pada kulit seseorang, seperti kerutan, flek dan sebagainya.

Antioksidan bisa dibilang merupakan salah satu kunci agar seseorang tetap tmapil awet muda. Untuk itu, jika Anda ingin kulit tampak sehat dan awet muda, maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi antioksidan. Seperti misalnya buah berry, coklat hitam, kacang pecan dan lain sebagainya.

7. Membantu Mengurangi Jerawat

Salah satu jenis antioksidan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh adalah vitamin A. Selain bagus untuk kesehatan mata, ternyata kandungan vitamin A ini juga sangat bagus untuk mengatasi sumbatan keratin di dalam pori-pori yang merupakan penyebab terjadinya jerawat. Vitamin A juga dapat membantu mengurangi jumlah produki minyak, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat dan menjaga kulit tetap sehat.

8. Membantu Mengurangi Bintik-Bintik Hitam

Kulit yang sering terpapar cahya sinar matahari langsung lama kelamaan akan mulai menunjukkan bintik kehitaman. Ini akibat adanya percepatan produksi melanin di kulit. Manfaat antioksidan utamanya yang bersasal dari vitamin C terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kulit berupa bintik kehitaman akibat adanya pigmentasi melanin kulit.

9. Dapat Mempertajam Kemampuan Otak

Salah satu jenis antioksida yang sangat baik untuk otak adalah vitamin E dan juga vitamin C. Kedua antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan otak dan juga membantu menjaga ingatan jangka panjang.

Nah, untuk Anda yang tidak ingin jadi pelupa dan ingin kemapuan otaknya meningkat, cobalah untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi.

manfaat antioksidan



10. Mencegah Penyakit Jantung

Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung Anda, cobalah untuk mengonsumsi teh hijau yang kaya akan kandungan polifenol. Kandungan antioksidan ini terbukti mampu mencegah penyakit diabetes dan juga jantung.

Selain itu manfaat antioksidan dari vitamin E juga bisa membantu menurunkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit kardiavaskuler.


Penutup

Demikian ulasan singkat saya mengenai manfaat antioksidan. Semoga bisa memberi pencerahan untuk Anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat. 





Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu Antioksidan dan Manfaat Antioksidan Bagi Tubuh"