3 Tips Mencari Lowongan Kerja Sesuai Pendidikan

Lowongan Kerja


Apakah saat ini Anda sedang mencari lowongan kerja? Jika iya maka ada banyak hal yang mesti Anda persiapan dalam rangka mencari lowongan pekerjaan. Ketika Anda memulai mencari lowongan kerja jangan sampai asal-asalan dan tidak ada persiapan yang matang karena dapat mempengaruhi performa dalam menghadapi wawancara kelak.

Adapun beberapa persiapan dalam upaya mencari lowongan kerja diantaranya:
  • Mengumpulkan bahan dan sumber-sumber darimana saja informasi lowongan pekerjaan bisa didapatkan.
  • Mempersiapkan penampilan apabila harus dipanggil untuk melakukan wawancara kerja.
  • Banyak belajar dan membaca buku agar ketika harus mengerjakan test kompetensi maupun menghadapi wawancara kerja, Anda lancar menjawab pertanyaan dari bagian HRD.
  • Di masa pandemi sebaiknya Anda harus mempersiapkan apabila wawancara dilakukan secara online misalnya mempersiapkan kuota internet dan latar background yang pantas untuk dijadikan tempat wawancara apabila di rumah.

TopKarir sebagai sarana mencari kerja

Sebagai seseorang yang sudah lulus dari perguruan tinggi adalah hal yang wajar ketika ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan juga menjanjikan. Pekerjaan yang layak itu adalah yang bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Sementara pekerjaan yang menjanjikan adalah yang menawarkan jenjang karir sehingga selain ada pencapaian karir dalam waktu tertentu juga tentu saja ada peningkatan pendapatan. Semua itu tentu saja kita lakukan demi kesejahteraan hidup di masa depan.

Saya ingin becerita sedikit mengenai pengalaman teman yang memiliki idealisme bekerja sesuai dengan pendidikan yang ia tempuh semasa kuliah. Kami berdua sempat berdebat ketika membahas mengenai kemungkinan seseorang diterima bekerja sesuai pendidikan. Saya yang kontra jika harus bekerja sesuai dengan pendidikan yang ditempuh, sementara teman saya termasuk orang yang memiliki keyakinan bisa bekerja sesuai pendidikannya. Apalagi kami sama sama berangkat dari jurusan non eksakta dimana sangat fleksibel dalam mencari pekerjaan.

Ternyata dari hasil diskusi kami, ada 3 tips yang bisa dijadikan acuan dari teman saya agar bisa mencari lowongan kerja sesuai pendidikan. Mau tahu? Ini tipsnya:
  • Membuat portofolio diri yang kemudian dishare ke media sosial
Ada situs jejaring sosial yang bisa menampilkan data diri seseorang beserta latar belakang pendidikannya. Teman saya mengatakan dia bergabung di situs jejaring sosial tersebut dan ternyata hasilnya efektif ketika dia mendapat beberapa tawaran kerja sesuai latar belakang pendidikan semasa kuliah.
  • Bergabung ke komunitas profesi tertentu
Saya memang sering melihat di media sosial ada beberapa komunitas bagi misalnya lulusan fakultas ekonomi, komunitas para notaris dan lain sebagainya. Namun saya pribadi tidak menyadari fungsi dari komunitas di media sosial tersebut. 

Barulah teman saya pernah menjelaskan walau mungkin sedikit interaksi yang ditawarkan dalam komunitas online itu namun ketika ada informasi yang cukup penting misalnya lowongan kerja sesuai pendidikan, maka teman saya segera melakukan follow up.
  • Mendaftar di situs lowongan kerja TopKarir.com
Ternyata diam-diam teman saya ini sudah lama bergabung di situs lowongan kerja yaitu TopKarir.com dan dia mengakui banyak sekali manfaat yang didapat ketika bergabung menjadi member di website tersebut.

Bukan hanya sekadar mendapat informasi lowongan kerja sesuai pendidikan yang menjadi idealismenya namun juga tersedia beragam informasi pelatihan atau kursus yang layak untuk diikuti.

TopKarir: Solusi Bagi Fresh Graduate Dalam Mencari Pekerjaan

Zaman sudah berubah dan sudah bukan era dimana kita harus mencari lowongan kerja melalui media cetak lagi. Saya ingat beberapa tahun lalu saya masih harus mencari lowongan kerja dengan membeli beberapa media cetak setiap hari Sabtu. Hal ini dikarenakan biasanya banyak lowongan kerja yang ditawarkan setiap akhir pekan.

Nah, sekarang zamannya internet dan media sosial nih gaes sehingga informasi lowongan kerja apapun bisa kita dapatkan hanya dalam genggaman. Website yang wajib kalian kunjungi bagi pencari kerja ya TopKarir.com karena berbagai informasi seputar lowongan kerja dari Sabang sampai Merauke bisa kalian dapat di website tersebut.

TopKarir.com selain menyediakan informasi lowongan pekerjaan juga memberikan informasi seputar beasiswa, kesempatan magang hingga Anda bisa berkonsultasi mengenai masalah karir juga lho!. Tentu saja konsultasi dipandu oleh para ahli yang berkompeten di bidangnya.

Cara bergabung menjadi member di TopKarir.com cukup mudah kok. Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, cukup masukkan alamat nama lengkap beserta email yang terdaftar lalu klik "DAFTAR". 

Selain mendaftar menggunakan alat email, Anda juga bisa mendaftar menggunakan akun media sosial Facebook dan LinkedIN.

Sekadar tambahan bahwa situs TopKarir.com ini tidak hanya diperuntukkan untuk para pencari kerja lho. Jika Anda seorang staf personalia suatu perusahaan dan memiliki kebutuhan akan karyawan maka bisa mendaftarkan perusahaan tempat Anda bekerja sebagai Pencari Kandidat. 


Kesimpulan 

Demikian ulasan singkat saya mengenai tips dalam mencari lowongan kerja sesuai pendidikan. Tidak ada yang salah jika Anda ingin menjadi seorang pribadi yang idealis dengan bekerja sesuai bidang pendidikan. Namun yang harus diingat adalah Anda bisa mengukur kemampuan ketika ada tawaran kerja datang dan itu merupakan kesempatan emas.

Jadi untuk Anda yang masih bingung dimana harus mencari lowongan kerja, TopKarir bisa menjadi solusi apalagi mencari pekerjaan di masa pandemi yang mungkin tidak mudah. Dengan kemauan keras serta optimisme, yakinlah bahwa Anda pasti diterima bekerja di perusahaan yang bagus dan sesuai bidang.


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

12 komentar untuk "3 Tips Mencari Lowongan Kerja Sesuai Pendidikan"

  1. wah dengan topkarir ini para lulusan baru atau mereka yang cari kerja bisa lebih terbantu ya kak maria.

    BalasHapus
  2. Hampir di setiap kesempatan selalu ada lowongan pekerjaan, tinggalkan konvensional gunakan cara digital

    BalasHapus
  3. Hampir di setiap kesempatan selalu ada lowongan pekerjaan, tinggalkan konvensional gunakan cara digital

    BalasHapus
  4. Wohooo, asik deh di era serba digital gini, bahkan utk berburu loker bisa gampiill
    cuss aja ke TopKarir ya Kak.
    Buanyaakk bgt pilihan utamanya bagi fresh graduate, yak.

    BalasHapus
  5. Salah seorang adik saya lulusan IPB, pas kerja malah dapat yang ga sesuai banget dengan pendidikan dia hihi Tapi dia memang sejak awal membuka diri untuk berbagai bidang pekerjaan, dan syukurnya ada yang terima, dan ternyata mampu di situ. Iyes banget zaman now cari lowongan sangat gampang, bahkan yang sesuai dengan pendidikan kita. Topkarir benar-benar jadi solusi jitu ya, semoga banyak pencari kerja terbantu. Aamiin.

    BalasHapus
  6. wah solutif banget, karena banyak lulusan perguruan tinggi yang bekerja di luar jalur
    Teman anak saya. lulusan sastra Inggris terpaksa bekerja di resto franchise daripada menganggur

    BalasHapus
  7. Sebagai karyawan, saya masih kepengen mewujudkan impian sejak dulu yaitu memperoleh beasiswa keluar negeri. Wah, ternyata selain mempermudah informasi tentang lowongan pekerjaan, TopKarir cuma menyediakan informasi seputar beasiswa, ya. Wah, mantap banget ini. Pekerjaan dan kesempatan pendidikan seyogyanya memang berjalan seimbang.

    BalasHapus
  8. Saya jadi ingat dulu pas baru lulus kuliah, selalu beli koran hari sabtu dan minggu, karena banyak iklan lowongan pekerjaan di koran terbitan sabtu minggu.

    Kalau lulusan sekarang nggak perlu lagi beli koran, tiap hari tiap saat bisa cek info lowongan kerja di topkarir ya

    BalasHapus
  9. Menurut saya untuk bisa mengalahkan pesaing saat melamar kerja adalah menyertakan portofolio online. Jadi secara non akademik bisa lebih menang karena ada basic life skill yang ditampilkan ke HRD.

    Bawa saja sertifikat2 penunjang sesuai kebutuhan kerja, jika memang diminta. Atau inisiatif sendiri.

    Kuncinya sih,kalo pas wawancara gak usah kaku, tanyain dan ajak ngobrol tim HRD/pewawancaranya langsung. Kayak ngobrol biasa gitu aja. Contohnya: "Bapak apa kabar, sehat?", atau kondisional saja, tapi tetap santai.

    BalasHapus
  10. Cari lowongan kerja sesuai pendidikan pas zaman saya dulu rada susah. Apalagi kalo sarjana yg lulusannya umum banget. Persaingan ketat. Makanya banyak yang banting stir ke profesi lain yang sama sekali gak berhubungan sama jurusannya waktu kuliah.

    Saya baru tahu ini Topkarir.com. Fresh graduate pasti rame-rame nih daftar dan search pekerjaan di sini. Kira-kira lama tunggunya berapa ya?

    BalasHapus
  11. Top karir membuat mudah segalanya ya mbak... Meski tak jarang orang sukses bekerja yang Tak sesuai pendidikannya tapi Tak Ada salahnya bekerja sesuai pendidikan Kita ya agar enak saja menjalani Hari harinya hehehe

    BalasHapus
  12. Pas banget momennya... kebetulan adik sedang cari pekerjaan. Thanks ya Kak, segera akan sy kirim ke adik....

    BalasHapus