2 Resep Steak Tenggiri Saus BBQ Anti Ribet

Steak Tenggiri Saus BBQ


Makanan olahan hasil laut memang lebih sehat ketimbang yang lainnya. Salah satunya adalah ikan tenggiri. Hampir semua orang suka dengan ikan yang satu ini. Selain memiliki gizi dan nutrisi yang baik, harganya pun lebih terjangkau.

Banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri. Seperti steak tenggiri saus BBQ yang sangat lezat. Untuk Anda yang tertarik membuatnya, berikut kami berikan 2 resep steak tenggiri saus BBQ yang mudah ditiru.

Resep Steak Tenggiri Saus BBQ Sederhana

Membuat steak tenggiri tidaklah sulit. Semua bahan yang diperlukan pun mudah untuk didapatkan. Pastikan ikan tenggiri yang Anda beli organik, dan aman untuk dikonsumsi.

Sesa menjual ikan tenggiri dari laut timur Indonesia yang rendah kandungan merkuri, jadi pasti aman dikonsumsi.

Bahan:
  • Ikan tenggiri dengan ukuran sedang 1 potong
  • Wortel 1 buah
  • Daun seledri 1 tangkai
  • Kentang 1 buah
  • Jeruk nipis
  • Saus BBQ
  • 1 siung bawang putih
  • 1 buah bawang bombay
  • Saus Saori saus tiram
  • Saus BBQ del monte
  • Saus sambal
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Margarin
  • Tepung maizena
  • Air
Cara membuatnya:
  • Cuci ikan tenggiri sampai bersih kemudian beri air jeruk nipis lalu diamkan sebentar
  • Marinasi ikan tenggiri dengan saus BBQ dan saus tiram sambil ditekan-tekan. Lalu masukkan dalam kulkas selama 40 menit / 1 jam sampai meresap ke dalam ikan.
  • Rebus kentang dan wortel. Untuk kentang, goreng hingga matang. 
  • Bersihkan bawang putih dan bawang bombay lalu potong-potong menjadi dadu kecil
  • Panaskan wajan, masukkan margarin dan tumis bawang putih serta bawang bombay hingga wangi.
  • Kemudian masukkan saus BBQ, saori saus tiram, saus sambal, lada dan garam. Beri air dan larutan tepung maizena, masak dengan api sedang.
  • Panggang tenggiri yang sudah dimarinasi. Ketika membalikkan tenggiri beri olesan margarin di atasnya.
  • Masak hingga matang sekitar 10 menit.
  • Jika sudah matang, letakkan tenggiri dalam piring beri saus yang dimasak tadi lalu taruh wortel, kentang dan juga daun seledri.
  • Steak ikan tenggiri pun siap untuk dinikmati.
website pemesanan makanan organik



Sebelum memasak menu berikutnya, perkenalkan dulu SESA.ID sebagai toko bahan makanan organik online. Kesehatan keluarga adalah hal yang utama. SESA mengkurasi produk kebutuhan sehari-hari yang baik untuk kesehatan dan aman untuk dikonsumsi. Cek promo bebas ongkir dan promo mingguannya.

Harga ikan tenggiri hari ini cuma Rp. 49.900/500gr lho! Belanja sehat sekarang di SESA.ID

Resep Steak Tenggiri Saus BBQ Keju Mozzarella

Resep steak tenggiri saus BBQ yang kedua, Anda bisa memberikan sedikit variasi dengan menambahkan kaju mozzarella. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Bahan:
  • 1 buah jeruk nipis
  • 7 fillet ikan tenggiri
  • 1 sdt lada bubuk
  • 6 sdm saus BBQ
  • 4 sdm saus teriyaki
  • 4 sdm kecap manis
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 sdm mentega
  • sedikit air
  • Wortel
  • Kentang
  • Buncis
  • Keju mozzarella
Cara membuatnya:
  • Lumuri ikan tenggiri dengan jeruk nipis lalu diamkan sebentar
  • Potong-potong wortel, kentang dan buncis dengan bentuk memanjang dan cuci bersih 
  • Rebus wortel dan buncis hingga matang
  • Untuk kentang, rebus setengah matang lalu goreng sampai matang
  • Masak saus teriyaki, saus BBQ, kecap manis aduk-aduk dan masak dengan api kecil.
  • Bagi dua saus. Untuk yang satunya lumuri dengan merata di fillet ikan tenggiri didiamkan selama 1 jam sampai benar-benar meresap
  • Selanjutnya, panaskan teflon anti lengket lalu beri sedikit margarin. Panggang ikan tenggiri hingga berwarna kecoklatan selama 3 sampai 5 menit
  • Bolak balik jangan sampai ikan gosong
  • Kemudian panaskan margarin masukkan irisan bawang bombay dan masukkan sisa saus yang tadi, sedikit air, larutan maizena, aduk-aduk hingga mengental.
  • Tuangkan saus tersebut ke atas fillet ikan tenggiri yang sudah dipanggang sebelumnya.
  • Lalu diatasnya berikan keju mozzarella yang sudah dilelehkan
  • Hidangkan dengan rebusan wortel, buncis dan kentang goreng
  • Steak ikan tenggiri BBQ keju mozzarella siap untuk dinikmati.
Demikian 2 resep dari saya yang bisa Anda coba sendiri kreasikan di rumah untuk dihidangkan ke seluruh anggota keluarga. Selamat mencoba!
Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

15 komentar untuk "2 Resep Steak Tenggiri Saus BBQ Anti Ribet"

  1. Walau sederhana pasti enak banget deh, ini. Apa lagi yang pake mozzarella.

    BalasHapus
  2. wah kok harga ikan tenggirinya murah Mbak?

    saya sering beli untuk bikin siomay dan harganya sangat mahal

    mau coba ah beli di SESA.ID

    BalasHapus
  3. Sayangnya saya gak bisa makan ikan. Hehe, jadi cuma bisa baca2 resep di atas nih. Resep stek ikan tenggirinya mudah dipraktekan dan pastinya bisa jadi diversifikasi pangan keluarga di rumah ya biar gak bosan saat WFH atau PPKM.

    BalasHapus
  4. Aku sepakat jika ikan laut lbh byk membeeikan manfaat bagi tubuh, ntuk anak kecil disarakann bgt ini. Resepnya mantul mbak

    BalasHapus
  5. Salah satu jenis ikan yang saya suka. Kalau dagingnya dijadikan pempek, kulit dan kepalanya bisa dimasak kering. Dan itu nikmat banget.

    BalasHapus
  6. Nampak enak sekali, langsung catat resep nya dan insya allah nanti mau eksekusi ah, makasih.

    BalasHapus
  7. Kuliner dan menu masakannya bisa dicoba oleh keluarga atau pembaca

    BalasHapus
  8. wahh bisa dicoba nih resepnya, kebetulan bahan-bahan yang dibutuhkan juga masih relatif mudah dicari di pasar

    BalasHapus
  9. Yummy, pengen banget nyobain yang pakai mozarella. Unik banget resepnya, semakin gak sabar mau mencoba resepnya nih, pasti lumer di mulut!

    BalasHapus
  10. Pengin bangeettt masak2 pakai ikan tenggiri
    Pastinya endeuss markindess
    cuss ahh!

    BalasHapus
  11. Mbaa aku penasaran penampakan hasil jadinya olahan tersebut, ngebayangin mozarella tumpeh-tumpeh. Kapan-kapan mau coba praktikin ah

    BalasHapus
  12. wah boleh juga nih resepnya ditiru, cobain aaah wiken ini buat anak kesayangan nih dirumah

    BalasHapus
  13. Aduh, kok aku jadi kangen pengen makan tenggiri. Tapi paksu kurang suka. Mau nyoba resepnya ah, siapa tahu jadi suka, biar nanti ada temennya kalo makan ikan tenggiri.

    BalasHapus
  14. Wah, perlu dicoba nih kak
    Tapi sayangnya gak suka tengiri

    Kalau diganti fillet ayam bisa kan ya?

    Misal takaran sausnya juga dikurangi, jadi gak ya kak... Hehe

    BalasHapus
  15. Wah, steak tenggiri. Penasaran deh dengan rasanya. Selama ini kalo masak dan makan, ya paling cuma digoreng atau dibumbu kuah. Enak nih kayaknya. Sesekali kayaknya kudu praktekkin nih resepnya. :D

    BalasHapus