3 Langkah Membuat Blog Anti Gagal yang Dapat Anda Lakukan

 
3 Langkah Membuat Blog Anti Gagal


Saya punya 3 langkah membuat blog anti gagal nih untuk kalian para blogger pemula yang benar-benar ingin serius menekuni dunia blogging. Jangan kuatir, langkah yang dilakukan tidak sulit kok, yang penting konsisten yah ketika memutuskan untuk membuat blog.

Sepetti yang kita ketahui, blog merupakan sarana bagi kita mengekspresikan diri melalui tulisan yang berbentuk web di internet. Selain kita bisa menggunakan blog untuk menulis, kita juga dapat berbagi foto-foto di blog seperti perjalanan ke suatu tempat, makanan dan lain sebagainya.

Blog ada yang sifatnya gratis maupun berbayar. Lalu dimana sih kita bisa menulis blog sebagai bentuk aktualisasi diri, maka jawabannya banyak platform yang bisa Anda gunakan sebut saja Blogger, Wordpress, Wix, Medium maupun platform UGC (User Generate Conten) seperti Kompasiana, IDNTimes maupun Kumparan.

Namun jika ingin fokus untuk menulis tulisan hasil pemikiran sendiri, saya sarankan untuk membuat blog sendiri yang bisa Anda buat di platform Blogger ataupun Wordpress. Lalu, keuntungan apa yang didapat ketika memutuskan menjadi seorang blogger? Berikut keuntungan yang dapat Anda raih:
  1. Menambah jejaring pertemanan
  2. Berpotensi meraih penghasilan tambahan
  3. Melatih kemampuan menulis dan bisa berkarya lebih banyak lagi melalui tulisan kita.
Agar blog yang kita buat memiliki nilai lebih, saya sarankan untuk membuat blog berbayar yah atau yang biasa disebut Top Level Domain (TLD). Anda bisa membuat blog TLD ke beberapa perusahaan jasa penyedia hosting dan domain, pesan nama yang mencerminkan karakter Anda lalu lakukan pembayaran agar blog segera dapat digunakan untuk merangkum setiap tulisan pemiliknya.

Langkah Membuat Blog Anti Gagal yang Dapat Anda Lakukan

Nah, bagi Anda yang tertarik berkecimpung di dunia blogging, maka saya punya 3 langkah membuat blog terlebih dahulu yang dapat dilakukan, antara lain:
  • Daftarkan serta gunakan VPS untuk blog Anda ke perusahaan penyedia domain yang sudah diketahui kualitasnya.
Ohya, kalau ada yang masih asing dengan istilah VPS maka sedikit akan saya jelaskan ya mengenai definisi VPS serta kegunaannya untuk Anda sebagai seorang blogger. VPS merupakan kepanjangan dari Virtual Private Server yang memungkinkan Anda sebagai seorang blogger menyimpan data yang cukup besar bahkan bisa membuat lebih dari satu blog.

VPS sendiri memiliki arti sebagai ruang penyimpanan bagi pemilik blog maupun website agar mereka bisa mengelolanya dengan baik dan tentu saja dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan yang besarannya tergantung kebutuhan pemilik blog atau website.

Tujuan seorang blogger memiliki VPS antara lain:
  1. Sebagai tempat penyimpanan seluruh file guna membackup apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan
  2. Jika blog kita memiliki trafik kunjungan yang cukup tinggi, maka VPS mampu menampung trafik tersebut
  3. Last but not least adalah Anda bisa membuat lebih dari 1 domain blog apabila menggunakan VPS

  • Isi blog Anda dengan konten yang berkualitas secara rutin dan banyak dicari oleh masyarakat pengguna internet
Jangan bermimpi menjadi seorang blogger jika Anda jarang atau tidak pernah sama sekali update tulisan di blog. Kareka yang dibutuhkan oleh seorang blogger sebenarnya hanyalah komitmen serta konsistensi ngeblog.

Apalagi jika berniat untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari blog maka brand tentu saja akan melirik blog Anda sambil menilai keaktifan blog yang Anda kelola. Jika blog sudah seperti sarang laba-laba alias tidak pernah update tulisa, maka percuma rasanya Brand menaruh tulisannya pada blog Anda.

  • Selalu share atau bagikan tulisan blog Anda ke media sosial agar dibaca oleh follower dan juga teman ada di media sosial. 
Malu dan gak PEDE mempertunjukkan tulisan kita di blog? Udah ga jamannya! Sebagai seorang blogger kita harus PEDE alias percaya diri donk dalam memperkenalkan tulisan ke masyarakat luas. Hal ini tentunya sebagai branding diri juga lho

Mana tahu pada suatu kesempatan ada tawaran dari suatu brand kepada kita untuk menjadi duta blogger dalam rangka promosi produk brand tersebut. Tentunya Anda bisa mendapat penghasilan donk karena sudha berhasil membranding diri sebagai seorang blogger.

Kesimpulan

Demikian sedikit tips sederhana dari saya untuk Anda yang memiliki rencana membuat blog namun masih bingung harus mulai darimana. Jangan lupa, carilah komunitas blogger agar dapat bernaung di dalamnya sehingga Anda tidak kehilangan berbagai informasi seputar dunia blogging yah. Tentu saja hal ini dalam upaya untuk melebarkan sayap sebagai seorang blogger.

Happy blogging!


Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

1 komentar untuk "3 Langkah Membuat Blog Anti Gagal yang Dapat Anda Lakukan"

  1. Menulis di blog yang semua kegiatan penulisan, riset, persiapan gambar penunjang, bahkan kurasi yang dilakukan sendiri pada akhirnya membuat si pemilik blog jadi banyak belajar ilmu kepenulisan ya.

    BalasHapus