Wajah Anda Sering Pucat? Waspadai Gejala Penyakit Ini

 
Wajah Anda Sering Pucat?


Terkadang dalam keseharian kita sering mengabaikan beberapa hal salah satunya kondisi tubuh yang kurang fit. Saya pun mengakui hal tersebut karena bagi saya selama tidak demam dan sakit kepala maka aktivitas sehari-hari harus tetap dilakukan tanpa kompromi.

Namun ternyata anggapan tersebut salah karena ada beberapa kondisi saya tidak boleh meremehkan suatu kondisi, kulit pucat misalnya. Entah karena tidak tahu seperti apa bentuk kulit pucat namun saya pribadi tidak pernah menghiraukan apabila mendapati perubahan pada kulit. 

Ternyata oh ternyata jika tiba-tiba teman Anda menegur jika kulit berubah pucat, Anda harus waspada lho! Mengapa begitu? Karena ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan kulit pucat ini diantaranya:
  1. Anemia atau kurang darah
  2. Terkejut atau ketika mengalami reaksi atas sesuatu hal misalnya setelah mengalami kecelakaan dan lain sebagainya.
  3. Kekurangan nutrisi pada tubuh seseorang
  4. Kelainan genetik pada kulit tubuh seseorang
  5. dan faktor lainnya
Walau tidak selamanya pucat itu menimbulkan masalah kesehatan namun sebaiknya Anda berjaga-jaga. Pucat sendiri diartikan sebagai perubahan warna kulit seseorang dan biasanya terletak pada bagian tertentu seperti wajah dan bibir.

Terkadang pucat juga bisa dikarenakan perubahan iklan suatu daerah seperti misalnya orang yang tinggal di daerah pegunungan yang cenderung dingin maka kulit bibirnya akan pucat karena hawa dingin. Tentu saja bagi wanita yang risih dengan warna pucat pada bibirnya dapat menambahkan lipbalm pada bibirnya.

Wajah Anda sering pucat? Waspadai Gejala Penyakit Ini

Salah satu penyakit yang menyebabkan kulit menjadi pucat adalah anemia dan ini pernah saya alami beberapa tahun yang lalu dimana memang membuat tubuh menjadi lemas serta pandangan berkunang-kunang.

Anemia merupakan suatu kondisi kesehatan yang menimpa seseorang dengan gejala kurangnya sel darah merah yang cukup di dalam tubuh. Hal ini tentu saja mengakibatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh menjadi berkurang juga.

Beberapa gejala yang diakibatkan anemia antara lain kulit menjadi pucat, rasa lemas yang berlebih, pusing bahkan yang lebih parah seseorang bisa pingsan apabila menderita anemia akut.

Anemia merupakan penyakit yang menghambat seseorang dalam beraktivitas dan itu harus segera ada pengobatannya karena jika tidak maka Anda sebagai penderita anemia akan merasa tidak nyaman.

Adapun pengobatan apabila Anda sudah terserang anemia antara lain:
  1. Seringlah mengonsumsi zat besi yang terkandung dalam daging merah dan sayuran seperti bayam.
  2. Konsumsi buah yang mengandung vitamin C juga dapat mencegah dan mengobati anemia. Beberapa jenis buah yang dimaksud misalnya jeruk, strawberry dan tomat. Tak sulit juga bukan untuk membeli ketiga buah tersebut di swalayan dekat rumah. 
  3. Pemberian obat apabila sudah mencapai anemia kronis
  4. Penderita anemia yang sudah parah biasanya disarankan transfusi darah apabila diperlukan.
Apabila Anda seorang penderita anemia usahakan agar hemoglobin Anda berada di batas normal agar kondisi ini tidak mengganggu aktivitas keseharian. Beberapa pantangan yang harus dilakukan bagi penderita anemia dalam mengonsumsi makanan dan minuman diantaranya:
  1. Hindari makan dan minum segala hal yang mengandung kafein seperti teh dan kopi.
  2. Segala makanan yang terbuat dari tepung terigu mengandung protein cukup besar di dalamnya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan singkat saya mengenai gejala anemia apabila kulit Anda terlihat pucat dalam jangka watku yang cukup lama. Namun perlu diingat Anda tidak diperbolehkan melakukan diagnosa sendiri atas penyakit yang diderita. Ada baiknya pergi memeriksakan diri ke dokter agar diketahui secara pasti mengapa kulit Anda pucat.

Tetap sehat selalu di masa pandemi dan patuhi protokol kesehatan ya!

Mariatanjungmenulis
Mariatanjungmenulis Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

19 komentar untuk "Wajah Anda Sering Pucat? Waspadai Gejala Penyakit Ini"

  1. Saya mau nambahi juga ya istirahat yang cukup hehhehe.
    Wajah pucat karena anemia, anemianya karena insomnia makanannya enak enak ya.
    Tapi tidak bisa dianggap remeh. Mengganggu aktivitas banget nih

    BalasHapus
  2. Anemia itu tidak dianjurkan untuk minum kopi dan teh dalam jumlah banyak toh ya. Betul sayur daun singkong salah satunya yaa mengandung zat besi dan aman untuk dikonsumsi. Makasih mb maria sharingnya.

    BalasHapus
  3. keliatan banget kalau gejala anemia ini ya mbak, selain wajah pucat. ciri lain bagian kelopak mata juga pucat. selain itu pasti jadinya lemes. Tetapi emang sebaiknya kita gak boleh mendiagnosa sendiri atas penyakit yang diderita. mending konsultasi ke dokter saja.

    BalasHapus
  4. Dulu saat belum menikah aku penderita anemia..memang terlihat pucat dan gejala yang disebutkan di artikel ini. Tapi masih belum berat sih, Alhamdulillah.Dengan banyakin makanan berzat besi tinggi dan multivitamin pengobatannya

    BalasHapus
  5. Saya sering merasa gejala seperti kekurangan darah seperti itu, tapi kalau muka pucat rasanya belum pernah.. soalnya kulit saya emang gelap. Hehehe... Jadi gak terlihat pucat kali ya

    BalasHapus
  6. Ternyata pucat itu salah satu tanda anemia ya. Tapi kadang kalau orangnya tampak pucat dari dulu jadi dikira ya emang gitu mukanya 😅 padahal bisa jadi itu tanda kondisi tubuhnya nggak oke ya, berarti harus langsung cek ke dokter..

    BalasHapus
  7. Anemia dan malnutrisi ternyata salah satu tandanya wajah pucat ya. Bener sih, kalau kita fit dan banyak makan makanan bernutrisi tinggi pasti wajah kita jadi berbinar dan cerah ya.

    BalasHapus
  8. Anemia ini perlu diwaspadai ya. Soalnya ada orang2 yang tidak menyadarinya sampai gejalanya menjadi parah.

    BalasHapus
  9. Woohh... iyaaa makanya suka deg-degan kalau wajah mulai keliatan pucet, takut ada penyakit yg nggak ketahuan... tapi kalau anemia emg langsung kerasa sih lemesnya itu.. anu, mending periksa memang yaa biar pasti

    BalasHapus
  10. wajah pucat ini menjadi salah satu tanda anemia ya, ada juga yang wajahnya pucat ternyata tanda penyakit lain. harus mawas diri deh kalau udah ada tanda-tanda pucat begini ya

    BalasHapus
  11. Kulit pucat ternyata bisa jadi salah satu gejala anemia, ya. Untuk memastikan sebaiknya konsultasi ke dokter dan tes laboratorium. Supaya dapat diagnosa yang tepat.

    BalasHapus
  12. Anemia ini memang tampaknya sepele. Tapi ada baiknya untuk menghindari pemicunya, sehingga selalu hidup sehat dan fit.

    BalasHapus
  13. Saya juga cenderung anemia mbak, karena tekanan darah selalu rendah. Tetapi alhamdulillah masih bisa beraktifitas dengan lancar, karena berusaha untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola makan yang teratur dan sehat.

    BalasHapus
  14. Mbak Saya baru tahu nih kalau anemia harus Hindari makan dan minum segala hal yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Trims mbak

    BalasHapus
  15. Nice share mba, mungkin harus banyak2 makan bayam yang zat besinya tinggi biar ga pucat

    BalasHapus
  16. Baru tahu, makasih sharingnya, jadi tambah ilmu dan sangat bermanfaat artikelnya, di tunggu blog informatif selanjutnya.

    BalasHapus
  17. Mukaku termasuk agak pucat sebenarnya. Dulu sering dikira sakit padahal gak sama sekali 😂 tapi tetep kuat aktivitas dari pagi ampe malam. Tapi ternyata bisa jadi ciri2 anemia ya.

    BalasHapus
  18. Waktu zaman sekilah dulu aku sering nih ngalamin, malah beberapa kali pernah pingsan, tapi alhamdulillah, karena udah tau penyebabnya, jadi bisa dicegah, dan sekarang udah nggak pernah lagi..

    BalasHapus
  19. Hiks akhir2 aku suka banget nge teh.. semoga ga menyebabkan hal2 seperti dia atas, makasih infonya kak..jadi lebih aware juga ini

    BalasHapus