Perlu Anda Ketahui Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya

Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya



Ban adalah satu-satunya bagian kontak langsung yang menghubungkan dengan permukaan jalan, sehingga keberadaannya sangat penting. Tetapi terkadang masih ada yang meremehkan fungsi ban. Seringkali tekanan angin ban tidak diperhatikan, apalagi kondisi secara fisiknya. Anda harus tahu tanda ban mobil harus ganti supaya saatnya untuk diganti Anda bisa langsung datang ke bengkel ban atau Anda juga bisa telpon saja, maka mekanik yang akan datang kerumah. 

Inilah Tanda Ban Mobil Harus Ganti

Para pemilik kendaraan beroda empat memang harus memahami betul kondisi kendaraan guna menjaga keselamatan di jalan. Apabila sudah mengetahui kondisinya yang tidak layak lagi untuk dibawa pergi maka jangan memaksakan. 

Hal itu hanya akan membahayakan diri sendiri. Jika umur ban sudah tua, maka ban mobil wajib untuk diganti. Karena ban sangat berpengaruh pada penggerak mobil, berperan untuk keselamatan serta kenyamanan penumpang, keiritan BBM, dan ketahanan komponen kaki mobil. Berikut beberapa tanda ban mobil harus ganti antara lain.

Ketika Umur Ban Mobil Sudah 3 Tahun

Walaupun belum sampai 3 tahun pemakaian ban mobil, tetapi ada baiknya untuk Anda pakai dengan jarak tempuh jauh sampai dalam waktu 2 tahun mencapai 50 ribu mengganti jika jarak tempuhnya telah mencapai 40 ribu km.

Meski kelenturannya masih terbilang bagus, ban yang sudah digunakan untuk jarak tempuh yang jauh maka semakin lama akan mengalami keausan. Pemakaian normalnya mobil bisa menempuh sekitar 15-20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km yang tercapai dalam waktu kurang lebih sekitar 2 sampai 3 tahun.

Ban Mobil Gundul Tengah

Ban mobil gundul tengah harus Anda ganti walaupun pada bagian tepi masih bagus. Kalau sudah terjadi hal demikian, sebaiknya Anda harus segera pergi ke bengkel.Karena itu artinya ketebalan ban Anda tidak lagi seragam.

Ban Ada Benjolan

Ban mobil sering kali terdapat benjolan. Benjolan tersebut merupakan tanda adanya anyaman benang maupun kawat penguat konstruksi ban yang sudah putus. Jika telah terdapat benjolan tersebut berarti ketahan ban sudah tidak seragam. Ban dengan tipe seperti itu mudah untuk pecah karena terdapat beberapa bagian ban yang sudah tidak kuat lagi untuk menahan tekanan udara. 

Anda wajib untuk berhati-hati, apalagi umur ban mobil yang Anda pakai sudah melebihi 3 tahun pemakaian, maka dari itu harus segera diganti. Benjolan disebabkan oleh kondisi seperti tekanan angin yang seringkali kurang dari standar pengisian sehingga ada beberapa bagian harus menanggung beban yang lebih berat daripada yang lainnya.

Sudah Sering Ditambal

Tanda ban mobil harus ganti yakni sudah sering ditambal. Ban yang bocor akibat terkena paku atau benda tajam lainnya sering sulit untuk menghindari. Apalagi ban tubeless, biasanya jika ditambal ban tidak dapat berfungsi kembali seperti semula. Tetapi jika sudah terlalu bocor dan sering ditambal, kekuatan ban berkurang, dan sebaiknya Anda mengganti ban yang sudah banyak tambalan dengan ban baru.

Ketebalan Tapak Ban yang Mencapai batas TWI

Setiap ban mobil pasti diberikan indikasi TWI atau Tread Wear Indicator. Tanda itu adalah batas keausan ban yang diizinkan untuk bisa dipakai, kalau kembang ban telah menyentuh segitiga TWI ban sudah harus Anda ganti.

Terdapat dua posisi indicator TWI yakni bagian tengah telapak ban serta bagian tepi ban. Bagian yang tepi akan terlihat segitiga kecil pada area bawah kembang ban, kalau bagian tengah telapak ban itu ada benjolan tapi tidak sampai segitiga kembang ban.

Kembang Ban Terangkat

Kembang ban terangkat atau heel toe wear adalah kondisi ban yang kembangnya seperti terangkat. Hal tersebut terjadi pada ban mobil yang sering melewati jalan rusak, khususnya mobil yang Anda pacu dengan kecepatan tinggi saat di jalan yang tidak terlalu rata, maka akan sering mengerem cukup keras di jalanan itu. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan bushing suspensi, ball joint, serta bearing roda akan aus.

Ban Retak

Ban retak yang ada di sisi samping kerap kali banyak pemilik mobil temui. Hal itu terjadi karena ban terlalu sering berkontak langsung dengan panas dalam waktu yang cukup lama. Sehingga ban akan rusak dan mudah rapuh sebelum umur mestinya untuk diganti.

Lecet Karena Terkena Benda Keras

Pada saat ban mobil berkontak dengan benda keras yang ada di jalanan maupun masuk lubang pada jalan rusak sampai mengakibatkan lecet yang cukup besar itu sangat berbahaya.

Memang ban tersebut masih bisa dipakai, tetapi kondisi ban yang sudah tidak sempurna akan berpotensi terjadi masalah karena ketahanan sisi ban yang tidak lagi seragam. Jika saat Anda melakukan perjalanan melewati jalanan yang rusak dengan kondisi ban tidak lagi prima, maka akan ada kemungkinan ban pecah.

Tanda ban mobil harus ganti dapat Anda lihat seperti diatas. Jangan sekali-kali Anda memaksakan untuk tetap menggunakan mobil jika kondisi bannya sudah tidak memungkinkan lagi. Jika terjadi sesuatu dengan ban mobil untuk lebih lanjut, Anda bisa melihat di https://otoklix.com/.

Anda harus tahu tanda ban mobilharusganti tersebut untuk dapat mengantisipasi ban aus supaya nanti saat Anda dan keluarga gunakan untuk berkendaraan selamat sampai tujuan.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

11 komentar untuk "Perlu Anda Ketahui Tanda Ban Mobil Harus Diganti Secepatnya"

  1. Membahas soal ban mobil, saya jadi terkenang dengan alm ayah saya tercinta.
    Beliau sangat memperhatikan mobilnya, terutama bagian ban mobilnya, apalagi kalau kami sekeluarga akan melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Langsung de ceki-ceki mobil, terutama mesin dan ban nya.

    BalasHapus
  2. Ban ini kadang emang sering dicuekin pengendara. Alhasil kalo kecelakaan, kerugiannya lebih banyak ditanggung.

    BalasHapus
  3. nah ini biasanya kl cewek2 yang merawat mobil sering kecolongan masalah ban. aku aja nggak peka kl harus ganti ban. biasanya cm liat ban udh mulai alus/ gunudul baru deh ke bengkel, padahal ganti ban nggak cuma kl ban udah alus aja ya mbak. tp kya poin2 di atas mesti diperhatikan

    BalasHapus
  4. Nah, pernah kejadian ini..kami habis mudik dan lanjut roadtrip, menempuh ribuan kilometer, terus pas balik Jakarta terasa ga nyaman nyetirnya, ternyata ban sudah gundul tengah, untung di jalan kami gapapa. Maka sekarang kalau mau pergi jauh di cek lagi kesiapan kendaraan termasuk ban

    BalasHapus
  5. Bener nih kak. Suamiku sudah ganti ban meski belum 3 tahun. Karena dia menemukan ban yang sudah botak di beberapa sisi. Daripada sesuatu terjadi, mending ganti deh..

    BalasHapus
  6. Biasanya kerasa sih kapan saatnya ban itu perlu diganti. Pas nyetir, kerasa gitu. Tapi, lebih seringnya mengabaikannya.

    BalasHapus
  7. buat aku yang lagi belajar ngurus kendaraan sendiri ini pastinya sangat bermanfaat niy kak, jadi tahu kapan harus ganti ban

    BalasHapus
  8. Noted mbak btw ban mobilku udah ada benjolan juga nih mesti waspada ya takutnya meletus gitu di jalan

    BalasHapus
  9. wah info penting nih mbak :) kadang suka sepelein ya keliatannya masih kuat aja, ternyata bisa bikin kecelakaan fatal

    BalasHapus
  10. Kalau ngga sampe aluuusss banget kadang orang ngga aware ya mba maria. padahal harus dicek berkala juga

    BalasHapus
  11. Iya nih mbak, ban motor saya masuk kategori diatas. Kalau dipakai agak nyeliut gitu. Aku pernah dengar kalau di ban motor ada tulisan expired ban. Jadi ketahuan deh kapan waktunya ganti

    BalasHapus