3 Manfaat Mengonsumsi Salad Sayur Untuk Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Salad Sayur


Siapa disini pembaca blog saya yang suka sekali makan salad sayur? Kalau saya sih suka banget bahkan jadi favorit misalkan sedang menghadiri undangan pernikahan atau staycation di hotel maka pasti makanan yang saya cari adalah salad sayur. Di rumah walau tidak setiap hari pun, saya mengusahakan untuk menyediakan bahan membuat salad sayur. Tentu saja hal ini saya lakukan agar tubuh selalu ternutrisi sayur secara rutin.

Dahulu kala saya paling anti konsumsi sayuran. Banyak faktor yang membuat saya seperti wajib menjauhi sayur jika dihidangkan di meja makan. Misalnya saja sayur itu rasanya hambar apalagi jika dimasak tanpa menggunakan santan misalnya. Namun kembali lagi, usia saya merupakan usia yang seharusnya membatasi untuk konsumsi santan berlebihan karena kurang baik juga untuk kesehatan. 

Nah bagaimana nih mengatasi ketidak sukaan saya terhadap sayur sementara sayur merupakan salah satu sumber nutrisi bagi tubuh manusia. Berikut beberapa tips agar seseorang mau dan gemar makan sayuran antara lain:
  1. Mengolah sayur menjadi camilan sehari-hari. Mungkin kalian akan bertanya kok bisa sayur diolah menjadi camilan. Ternyata bisa kok. Kita ambil contoh keripik bayam yang banyak dijual di beberapa toko oleh-oleh. Pelaku UKM banyak memanfaatkan peluang usaha dengan mengolah bayam menjadi kripik bayam sebagai camilan yang bisa dijual.
  2. Dijadikan jus sayur yang dicampur dengan buah. Mungkin selama ini kita mendengar jus itu identik dengan buah. Namun ternyata kita salah mengira. Sayur pun dapat diblender dan dijadikan jus untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan segar. 
  3. Mengolah sayur menjadi salad.
Untuk point nomor 3 ini merupakan favotir saya ketika menikmati olahan sayur. Yang tadinya saya tidak suka sayur, setelah menyantap salad sayur maka samakin lahap makan. Tentu saja diperlukan kombinasi sayur yang tepat karena tidak semua sayur cocok untuk dioleh menjadi salad.

Manfaat Mengonsumsi Salah Sayur Untuk Kesehatan

Salad sayur merupakan olahan sayur yang dapat kita konsumsi dengan campuran saus mayonaise. Salad sayur terdiri dari beberapa sayuran yang telah dicuci bersih, dipotong sesuai selera lalu diaduk menjadi satu, untuk selanjutnya diberi mayonaise untuk menambah cita rasa salad tersebut.

Mengonsumsi salad sayur berlebihan kurang baik untuk tubuh karena dapat menyebabkan perut kembung. Hal ini dikarenakan salad sayur merupakan olahan yang menyajikan sayuran mentah untuk dimakan.

Adapun sayuran yang cocok dioleh menjadi salah yaitu daun selada, timun, wortel, tomat, kol, kentang dan juga buncis. Namun kembali lagi dengan selera masing-masing, apakah semua sayuran yang saya sebutkan itu cocok untuk Anda. Jika tidak maka ambillah sayuran yang cocok dengan selesa Anda lalu olah menjadi salad.

Sayuran sendiri merupakan salah satu makanan yang apabila dikonsumsi baik untuk kesehatan tubuh manusia. 3 Manfaat mengonsumsi salad sayur untuk kesehatan manusia antara lain:
  • Membantu menurunkan berat badan berlebih
Seperti yang kita ketahui bahwa berat badan berlebih tentu saja berbahaya bagi kesehatan manusia. Selain itu juga dari segi estetika, seseorang yang mengalami obesitas tentu akan mengalami rasa tidak percaya diri di beberapa kesempatan. Untuk mengurangi obesitas tentunya kita harus menerapkan pola hidup sehat, salah satunya konsumsi salad buah sebagai alternatif pengganti karbohidrat selama masa diet.
  • Mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang dapat menutrisi kulit
Kulit yang kusam dan tidak ternutrisi dengan baik tentu akan menimbulkan mood jelek bagi seseorang. Pakai skincare boleh-boleh saja namun itu kan perawatan dari luar tubuh. Kita juga harus memperhatikan perawatan dari dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi setidaknya harus lengkap dari vitamin sampai mineral. Salad sayur merupakan kombinasi yang sesuai untuk melengkapi kandungan vitamin juga mineral di dalam tubuh kita.
  • Baik untuk kesehatan mata
Seperti yang kita ketahui kandungan wortel yang terdapat dalam salad sayur bagus untuk mempertahankan kesehatan mata kita. Apalagi jika Anda adalah seseorang yang harus berjam-jam menatap layar laptop demi menyelesaikan pekerjaan, maka kesehatan mata merupakan aset Anda dalam bekerja.

Penutup

Demikian sedikit uraian saya tentang manfaat mengonsumsi salad sayur untuk tubuh manusia. Di masa pandemi saat ini tentu kesehatan tubuh menjadi sangat penting dan berharga, Hal ini dikarenakan jika kita terserang penyakit maka selain menurunkan semangat secara psikologi, juga akan menghabiskan biaya yang tak sedikit untuk pergi berobat. Maka cari yang efektif dalam menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi multivitamin dan juga makan makanan bergizi salah satunya salad sayur ini.

Yuk mulai hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat juga!
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

4 komentar untuk "3 Manfaat Mengonsumsi Salad Sayur Untuk Kesehatan"

  1. Coba deh bikin salad dengan saos Italian dressing. Lemon, garlic sama salt. Enak dan sehat.

    BalasHapus
  2. sayur dan buah beneran banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan diolah menjadi salad membuat khasiatnya tetap baik

    BalasHapus
  3. Salad sayuran emang enak dan bikin segar, aku sering nih tapi kalau pakai mayones kadang suka, kadang enggak soalnya rasanya bikin asem dan jadi beda hehe

    BalasHapus
  4. Tapi sayangnya salad sayur gitu banyak yang lembek-lembek, aku suka banget sih tapi aku alergi banget sama yang lembek-lembek gitu hhu. Pasti pas dimakan langsung muntah-muntah, aaaaaaaaaaaaa padahal enak banget..

    BalasHapus