Tips Memilih Jasa Pengurusan SLF Untuk Bangunan Anda

Jasa Pengurusan SLF
Source Picture: Pixabay


Pernahkah kalian mendengar apa itu jasa pengurusan SLF? Jika belum pernah mendengar istilah tersebut maka dalam tulisan kali ini saya ingin menjelaskan kepada kalian apa itu SLF. SLF merupakan kepanjangan dari Sertifikat Laik Fungsi. LSF sendiri merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah masing-masing wilayah. LSF dikeluarkan untuk sebuah gedung bangunan yang telah selesai dibangun sesuai dengan persyaratan Izin Mendirikan Bangunan.

Adapun Pedoman Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia nomor 27/PRT/M/2018 adalah:

"Sertifikat yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah kecuali untuk bangunan gedung fungsi khusus oleh pemerintah untuk menyatakan kelaikan fungsi suatu bangunan gedung, baik secara administratif maupun secara teknis sebelum pemanfaatannya."
Tentunya ini wawasan baru bagi saya secara pribadi dimana saya ingin mencoba mengulas dalam artikel di blog ini. Sebagai seorang pekerja kantoran saya harus tahu mengenai jasa pengurusan SLF demi kepentingan kantor misalnya suatu saat membutuhkan. Untuk diketahui sekali lagi, bahwa Sertifikat Laik Fungsi ini dikeluarkan oleh Pemda masing-masing daerah dimana kategorinya masih ke Perda atau Peraturan Daerah.

Mengapa sih sebuah gedung bangunan itu perlu dan wajib untuk memiliki Sertifikat Laik Fungsi atau SLF? Berikut alasannya:
  1. Untuk menjamin ketertiban hukum atas sebuah bangunan yang didirikan.
  2. Untuk menjamin fungsi serta keserasian sebuah gedung bangunan dengan lingkungannya.
Masa berlaku untuk Sertifikat Laik Fungsi sendiri yaitu 5 dan 20 tahun tergantung jenis gedung bangunannya masing-masing. Pada umumnya bangunan tempat tinggal masa berlakukan Sertifikat Laik Fungsi yaitu selama 20 tahun.

Sebagai masyarakat yang awam bagaimana mengurus proses perijinan Sertifikat Laik Fungsi, tentu kita tidak ingin repot dan juga ribet dengan segala persyarakat. Ada baiknya memang diserahkan kepada ahlinya yaitu lembaga swasta misalnya yang mengetahui bagaimana jasa pengurusan SLF tersebut dilakukan.

Memilih Jasa Pengurusan SLF: Pilihlah yang Berkualitas

Tentu sebagai orang awam kita sering merasa bingung apabila sedang mengurus perijinan, entah untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan kantor. Namun jangan terlalu merasa terbebani dengan kebingungan itu karena kita bisa menggunakan jasa konsultasi untuk membantu mengurus perijinan yang akan diurus.

Sama halnya dengan ketika hendak memilih jasa pengurusan SLF, maka pilihlah perusahaan yang sudah direkomendasikan sebelumnya oleh orang yang kita kenal. Berikut tips sederhana dari saya dalam memilih jasa pengurusan SLF, antara lain:
  • Cari konsultan berdasarkan portofolionya
Seringkali kita memilih jasa konsultas apapun itu namun tidak melihat terlebih dahulu portofolio mereka. Akibatnya tentu saja hasil yang kita inginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya saja proses pengerjaan sangat lama dan juga berbelit. Alangkah baiknya jika mencari jasa konsultan dan pengurusan SLF dilihat portofoliio serta siapa saja yang pernah menjadi clientnya.
  • Pilihlah Jasa Pengurusan SLF yang sesuai dengan anggaran budget Anda
Memutuskan menggunakan jasa pengurusan pihak ketiga, maka secara otomatis kita harus menyediakan budget untuk membayar jasanya. Sebelum memutuskan menggunakan jasa pengurusan SLF maka tanyakan terlebih dahulu biaya jasa mereka. Jika Anda memiliki budget yang mereka tawarkan maka bisa dilanjutkan dengan perjanjian. Namun budgetnya belum mencukupi mungkin Anda bisa melakukan nego atau mencari jasa pengurusan lainnya.
  • Mampu memberi jawaban atas permasalahan yang Anda miliki
Terkadang kita mencari jasa konsultan karena awam di bidang yang akan diurus. Mau tidak mau konsultan tersebut merupakan ahli di bidangnya dan mampu menjawab ketidak tahuan kita akan masalah yang sedang dihadapi. 

Kesimpulan

Demikian tips sederhana dari saya untuk Anda yang sedang mencari jasa pengurusan SLF. Saat ini teknologi sudah sangat berkembang sedemikian rupa sehingga rasanya tidak sulit mencari jasa sejenis.

Anda bisa memanfaatkan internet atau informasi dari mulut ke mulut untuk mengetahui jasa konsultan sekaligus pengurusan Sertifikat Laik Fungsi untuk bangunan gedung yang sedang Anda bangun.

Semoga bermanfaat.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Jasa Pengurusan SLF Untuk Bangunan Anda"