Sebelum Pilih Paket CCTV Terbaik, Kenali Jenisnya Terlebih Dahulu

Paket CCTV Terbaik
source picture: Pexel


Ketika akan memilih CCTV terbaik, hal penting yang harus diketahui adalah jenis yang dimilikinya. Ada berbagai macam jenis-jenis yang dimiliki CCTV. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui jika CCTV mempunyai jenis berbeda.

Perbedaan jenis ini dapat dilihat dari fungsi, bentuk serta lokasi penempatan kamera. Dengan kemajuan teknologi yang dimiliki, kamu bisa memantau seluruh moment yang ditangkap oleh kamera CCTV melalui perangkat smartphone, laptop, komputer dan tablet.

Beda jenis CCTV tentu saja beda penggunaannya. Oleh sebab itu sebelum melakukan pemilihan, pastikan mengetahui seluk beluknya dengan baik.

Jenis-jenis paket CCTV Terbaik

Kenali jenis CCTV terbaik
source picture: Pexel

Berikut berbagai macam jenis CCTV yang harus kamu ketahui sebelum membeli, antara lain:

1. CCTV Weather-Proof

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, paket CCTV terbaik dengan jenis CCTV Weather-Proof bisa disesuaikan dengan berbagai macam cuaca yang ada. CCTV Weather-Proof bisa tahan pada partikel debu, tertik matahari serta air hujan yang bisa merusak komponen bagian dalam kamera.

CCTV Weather-Proof biasanya memiliki bentuk peluru, dome dan box. Kamera ini bisa kmau pasang di lokasi dengan cuaca yang ekstrim. Bahkan, ketika CCTC Weather-Proof beroperasi saat cuaca dingin, CCTV Weather-Proof memiliki fitur pemanas built in.

Biasanya, CCTV Weather-Proof ini dipasang di tempat-tempat umum seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, gudang, tempat parkir, sekolah, kampus bahkan jalan raya. CCTV Weather-Proof tersedia dalam jenis CCTV wireless dan CCTV kabel sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

CCTV Weather-Proof memiliki kelebihan bahan pembuat yang kuat serta tahan pada berbagai macam cuaca sehingga bisa bekerja dengan efisien. Bahkan resolusi yang dimilikinya sangat tinggi sehingga bisa bekerja saat cuaca ekstrim.

2. CCTV Explosion-Proof

Paket CCTV terbaik lainnya adalah CCTV Explosion-Proof. Biasanya, CCTV Explosion-Proof banyak digunakan di lokasi yang berisiko tinggi terjadi ledakan atau di lokasi yang berbahaya seperti tambang, kilang minyak dan pabrik.

CCTV Explosion-Proof merupakan jenis kamera yang bisa tahan pada ledakan yang berasal dari lingkungan sekitar. Selain itu kamera ini juga bebas debu. Jika dipasang di lingkungan pabrik, CCTV Explosion-Proof memiliki fungsi sebagai pengawas lingkungan secara real time.

Bukan hanya itu, CCTV Explosion-Proof bisa membantu pihak terkait memberikan penilaian serta pengambilan keputusan dari ancaman pada karyawan dan property yang berada di lokasi proyek. Bukan hanya itu, kamera ini dapat menciptakan sebuah kondisi kerja yang efisien dan aman.

3. Dome Camera Indoor

Paket CCTV terbaik jenis Dome Camera Indoor mungkin sudah sering kamu dengar. Dome Camera Indoor biasanya memiliki berbagai macam fiturseperti day atau night, ada juga fitur seperti infrared night vision dan berbagai fitur lain.

Pada dasarnya, Dome Camera Indoor hanya digunakan di ruangan tertutup serta tidak tahan perubahan cuaca. Biasanya, bagian housing kamera dibuat dengan menggunakan bahan plastic dengan lensa 3,6 mm, karena ditempatkan di ruangan kecil, seluruh ruangan bisa diawasi dengan baik menggunakan Dome Camera Indoor.

Dome Camera Indoor begitu mudah diinstal serta dihubungkan dengan berbagaimacam tipe TV, capture card da lainnya. Namun, sebelum kamu memilih Dome Camera Indoor, pastikan sudah memastikan budget dan kebutuhan yang kamu miliki.

4. IP Camera

Ketika memilih paket CCTV tidak sedikit yang lebih ingin menggunakan IP Camera. Biasanya, CCTV ini digunakan di rumah-rumah atau di perkantoran. Ada 2 macam IP Camera yakni desentralisasi serta IP Camera terpusat.

Jenis IP Camera desentralisasi tidak membutuhkan pusat NVR karena sudah mempunyai fungsi perekam built-in sehingga bisa merekam secara langsung ke media penyimpanan seperti SD card, server, dan komputer.

Sedangkan IP Camera terpusat, paket kamera terbaik jenis ini memerlukan pusat NVR agar merekam video serta manajemen alarm. Kelebihan dari IP Camera adalah memiliki biaya yang terjangkau, serta memiliki ukuran yang kecil.

Ketika menggunakan IP Camera, pengguna bisa melakukan remote login secara langsung ke kamera dengan menggunakan jaringan internet serta aplikasi bawaan yang berasal dari produsen kamera.

Pilihan Paket CCTV Terbaik

Banyaknya brand yang bertebaran siapa yang membuat tidak kebingungan. Jika masih bingung memutuskan salah satu pilihan, ColorVu Hikvision menjadi rekomendasi yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

ColorVu Hikvision merupakan perangkat yang dapat merekam video yang penuh warna serta memiliki kualitas tinggi. Kemampuan yang dimiliki ColorVu Hikvision bahkan berasal dari 3 trobosan khusus yakni perangkat keras mutakhir, pemrosesan gambar yang canggih serta kehandalan yang sangat tinggi.

Berikut berbagai keunggulan yang dimiliki paket CCTV terbaik, ColorVu Hikvision antara lain:

1. Mampu Memberikan Informasi Warna yang Sesungguhnya

Dengan menggunakan ColorVu Hikvision, kamu bisa melihat video dengan warna yang sesungguhnya dengan sangat akurat. Bahkan di tengah cahaya yang super rendah, video dapat di render dengan baik. 

2. Memberikan Detail yang Jauh Lebih Banyak

Sebagai sebuah paket CCTV terbaik, tentu saja kamera tersebut harus bisa memberikan detail untuk tujuan penyelidikan. ColorVu Hikvision dapat memberikan fitur ini untukmu. Berbagai macam informasi warna serta detail terekam dengan jelas dibandingkan dengan CCTV hitam putih.

3. Memberikan Pengalaman Visual yang Jauh Lebih Baik

ColorVu Hikvision mampu memberikan kecerahan seimbang, dengan aperture super F1.0 sehingga perenderan maksimal dan hasil video yang kamu dapatkan akan menjadi realistis.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh ColorVu Hikvision, sayang rasanya jika melewatkannya. Lebih-lebih ColorVu Hikvision terkenal sebagai paket CCTV terbaik, jadi tunggu apalagi?

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

16 komentar untuk "Sebelum Pilih Paket CCTV Terbaik, Kenali Jenisnya Terlebih Dahulu"

  1. Mbak thanks dari dulu Aku selalu kepo dengan CCTV nih. Kayaknya pas ya pilihannya kalau Memilih ColorVu Hikvision Menjadi pilihan CCTV saat ini? Ntar minta dibeliin ah buat CCTV toko

    BalasHapus
  2. Belum lama ini saya juga baru memasang cctv mbak 😁 dan ternyata cctv banyak, macam, merek dan harganya bervariasi. Tapi yang jelas membantu banget dari segi keamanan

    BalasHapus
  3. Menarik, saya jadi tahu saya kalau CCTV punya banyak type hehehe
    saat ini memang banyak masyarakat yang menggunakan cctv untuk membantu mengawasi rumah maupun tempat usahanya sampai ada acar khusus dengan tema cctv

    BalasHapus
  4. Sebelumnya yang aku tahu tentang CCTV adalah fungsinya untuk menjaga keamanan. Aku nggak kepikiran kalau CCTV memiliki beberapa jenis. Kirain mah sama saja semuanya.

    Ternyata oh ternyata. Aku salah.

    BalasHapus
  5. IP camera emang lebih banyak fungsinya ya. Buatku lebih bermanfaat soalnya bisa dilihat secara real time juga ya sama lihat rekamannya gitu. Apalagi ada remotenya jadi bisa maksimal penggunaannya ya

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang udah banyak yang pasang CCTV di rumah ya mbak, dan baru paham ternyata modelnya macem2 tinggal disesuaikan sama yang kita butuhkan aja

    BalasHapus
  7. Kepikiran juga sih mau pasang cctv di rumah, buat jaga-jaga kan kita ga ada yg tahu kedepannya. Makasih penjelasannya ya mbak. Jadi ada refrensi sebelum membeli.

    BalasHapus
  8. Ternyata CCTV punya beberaapa jenis dan bisa digunakan sesuai kebutuhan ya. Arrtikel ini bisa jadi rekomendasi yang pas banget

    BalasHapus
  9. Disini aman jadi gak perlu pasang cctv tapi tidak ada salahnya untuk mencoba pasang cctv di rumah, buat jaga jaga

    BalasHapus
  10. Asyik emang lagi nyari referensi paket cctv terbaik nie. Alhamdulillah dapat artikel ini. Kucari ah

    BalasHapus
  11. Wah iya, penting banget nih mbak. Aku dulu waktu masih pakai ART pernah niatan pasang CCTV yang pake built in memory. Tapi ga nemu2 yang cocok.

    BalasHapus
  12. Kak Maria melalui tulisan ini saya jadi mengenal beberapa macam CCTV

    BalasHapus
  13. Mbaak, dari tadi aku nyari range harga ternyata nggak ada. Aku ada rencana pasang cctv juga nih tp masih menimbang2 lagi pilihannya.

    BalasHapus
  14. Rekomendasi nih buat sekolah saya yang berencana akan memasang CCTV. Penting banget memang keberadaan CCTV di masa saat ini, sekolah pernah kehilangan bagian server komputer namun tak bisa terlacak karena belum punya CCTV di lab komputernya. Terima kasih Mbak Maria ulasannya, terbantu sekali

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah ada infonya, jadi lebih mudah kalau mau pasang CCTV
    Makasih kak

    BalasHapus
  16. Aku cita2 banget masang cctv di depan rumah, tapi yang bentuknya kecil itu bisar gak mencolok. Makasih ka Maria ilmunya.

    BalasHapus