Manfaatkan Rekening Online sebagai Tabungan Untuk Dana Darurat

 
Picture source: Pexel 


Banyak orang yang belum sepenuhnya paham tentang pentingnya mempersiapkan dana darurat atau emergency fund. Tidak heran jika banyak pula kalangan yang terjebak pada hutang karena tak memiliki dana simpanan pada setiap situasi yang tak terduga. 

Di zaman yang serba canggih saat ini, rekening online bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan dana darurat. Dengan memiliki dana darurat maka kamu pun bisa menghindari berbagai pengeluaran keuangan yang tak terduga di masa depan. 

Kamu bisa mempersiapkan dana darurat sebesar 6x biaya hidup per bulan atau sebanyak tiga kali gaji yang kamu terima setiap bulannya. Semuanya tergantung pada besar pendapatan yang kamu miliki. Cara buka rekening online sebagai tabungan dana darurat pada dasarnya cukup mudah. Proses pendaftaran pun terbilang lebih praktis jika dibandingkan membuat rekening fisik pada bank konvensional. 

Mengenal Dana Darurat

Dana darurat atau emergency fund dapat diartikan sebagai sejumlah uang yang sengaja dicadangkan oleh pemiliknya. Banyak orang yang menganggap jika dana darurat berbeda dengan tabungan karena dana darurat diperuntukkan untuk situasi darurat dan bukan untuk tujuan keuangan tertentu. 

Meskipun demikian beberapa kalangan tetap menilai dana darurat sebagai tabungan khusus. Yang mana tabungan tersebut akan diambil saat dihadapkan oleh keadaan yang mendesak. Kamu pun bisa memanfaatkan kehadiran rekening online sebagai tabungan khusus dana darurat.  

Dana darurat bisa dihitung berdasarkan jumlah pengeluaran wajib setiap bulannya. Pengeluaran wajib yang dimaksud dapat berupa biaya sewa kos atau kontrakan, KPR, cicilan, biaya makan, listrik, air serta biaya kebutuhan anak jika kamu memang telah memiliki keluarga. Tentu jumlah dana darurat yang harus dimiliki oleh orang yang telah berkeluarga lebih besar dibandingkan orang yang masih berstatus single. 

Manfaat Memiliki Dana Darurat Pada Rekening Online

Dana darurat sangat bermanfaat untuk waktu-waktu yang mendesak Kamu tak perlu repot meminjam uang saat membutuhkan dana. Berikut manfaatnya:

1. Dana Darurat Dimanfaatkan Untuk Memperbaiki Barang

Karena tidak memiliki dana darurat, tak jarang jika beberapa orang tidak mampu memperbaiki barang atau gadget yang dimiliki. Jika dibiarkan terus-menerus tentu barang yang dimiliki pun akan semakin rusak. 

Menunda perbaikan barang tentu akan makin memperburuk keadaan barang. Tak hanya itu saja, jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk biaya perbaikannya pun akan semakin besar di masa depan. Oleh sebab itu, manfaatkanlah rekening online yang kamu miliki sebagai wadah untuk menampung dana darurat. 

Picture source: Pexel



2. Tidak Perlu Khawatir Saat Sedang Sakit

Dengan memiliki rekening online khusus dana darurat maka kamu pun tidak akan cemas lagi ketika musibah sakit datang. Tentu tidak ada orang yang menginginkan sakit. Sayangnya, setiap orang tidak bisa memprediksi dengan berbagai hal buruk yang bisa terjadi di masa depan termasuk saat sakit. 

Oleh sebab itu, siapkanlah dana darurat di rekening online kamu sedini mungkin. Cara buka rekening online saat ini juga tidaklah sulit. Semuanya menjadi lebih praktis karena kehadiran teknologi digital yang semakin canggih.

3. Memiliki Cadangan Uang Saat Terkena PHK

Tidak ada yang bisa menjamin jika kamu akan tetap dipekerjakan seumur hidup pada sebuah perusahaan. Performa perusahaan yang menurun atau kinerja pegawai yang buruk bisa menjadi alasan kamu harus dikeluarkan dari perusahaan. 

Jika terkena PHK atau dikeluarkan dari perusahaan maka secara otomatis kamu pun tidak akan menerima uang setiap bulannya. Demi mencegah berbagai situasi buruk yang mungkin terjadi termasuk PHK maka kamu perlu mempersiapkan dana darurat. Dana darurat bisa menjadi dana cadangan saat mencari pekerjaan lain setelah terkena PHK. 

4. Tidak Perlu Meminjam Pada Keluarga Atau Teman

Pada dasarnya tidak ada yang salah saat berhutang pada teman atau keluarga. Namun, jika harus memilih, menggunakan uang tabungan atau dana darurat pada rekening online untuk memenuhi kebutuhan tentu lebih baik dibandingkan harus berhutang. 

Tidak bisa dipungkiri jika banyak hubungan silaturahmi semakin memburuk karena persoalan uang dan hutang. Melihat banyaknya kasus seperti ini maka akan lebih baik jika kamu menghindarinya dan memanfaatkan dana darurat yang dimiliki. 

5. Memiliki Waktu Yang Lebih Fleksibel 

Beberapa perusahan besar pada umumnya membatasi jadwal liburan atau cuti para karyawannya. Jika kamu melebihi batas waktu cuti atau liburan maka perusahaan akan memberikan sanksi berupa pengurangan gaji. Namun, kebijakan tersebut tidak akan berlaku jika kamu telah memiliki cadangan dana darurat pada rekening online. 

Dengan demikian, kamu akan tetap memanfaatkan waktu liburan atau cuti tanpa perlu khawatir lagi dengan adanya pemotongan gaji bulanan. Kehadiran dana darurat akan membuat kamu lebih menikmati waktu liburan dibandingkan memikirkan gaji yang harus dipotong. 

Gunakan Tabungan PermataME Untuk Menyimpan Dana Darurat

PermataME bisa menjadi pilihan rekening online yang paling tepat untuk menyimpan dana darurat. Beberapa keunggulan PermataME yang bisa kamu nikmati diantaranya ialah sebagai berikut.

Mudah dan Cepat

Cara buka rekening online PermataME sangat praktis. Hanya dengan menggunakan aplikasi PermataMobile X maka kamu pun sudah bisa memiliki rekening digital secara mudah dan cepat. 

Beragam Cashback 

PermataME memberikan cashback 10% untuk setiap transportasi online, cashback 20% untuk belanja online dan cashback 30% untuk ngopi di tempat kesukaanmu dan nonton di bioskop. 

Gratis Biaya Tarik Tunai

Nikmati bebas biaya tarik tunai untuk semua ATM dalam dan luar negeri berlogo VISA/PLUS. Pastikan memiliki saldo sebelum transaksi minimal Rp1 juta.

Kartu Debit Eksklusif 

PermataME menghadirkan kartu debit eksklusif yang didesain khusus untuk para nasabahnya. 

Promo Eksklusif

PermataME menghadirkan berbagai promo eksklusif bagi pemegang kartu debit PermataME.

Bebas Biaya Transfer Online 

Nasabah PermataME bisa menikmati gratis biaya transfer online via PermataMobile X, PermataNet, dan ATM serta biaya administrasi lainnya. 

Tunggu apa lagi? Siapkan dana darurat kamu sekarang juga dengan menggunakan rekening online dari PermataME. 

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Manfaatkan Rekening Online sebagai Tabungan Untuk Dana Darurat"