3 Keuntungan Trading Crypto Sebagai Bentuk Investasi

Trading Crypto
Sumber Gambar : Pixabay


Saat ini kita berada di era digital dan dengan mudahnya segala informasi bisa didapat. Hampir semua kegiatan dilakukan melalui system digital, sebut saja sekolah online, pembelian barang kebutuhan rumah tangga secara online di marketplace, bahkan pembukaan tabungan pun sekarang ini tidak perlu antri lagi di Customer Service bank yang bersangkutan. Anda cukup rebahan dari rumah dan bisa membuka rekening tabungan melalui gadget.

Begitu juga halnya dengan investasi, saat ini kita tidak perlu mendatangi kantor investasi yang menawarkan. Anda bisa melakukan investasi secara digital tanpa harus ke luar rumah. Takut dengan investasi? Pelajari dulu, baru Anda bisa mengatakan takut, karena saat ini mempelajari segala informasi sangatlah penting agar tidak terjebak dalam misinformasi atau yang lebih parah lagi, tindak penipuan.

Salah satu bentuk investasi yang sedang trend saat ini adalah cryptocurrency atau yang biasa disebut trading kripto. Menurut situs investor.id, trading kripto memiliki arti suatu kegiatan memperjualbelikan mata uang kripto melalui akun perdagangan yang disediakan.

Lalu mata uang kripto sendiri memiliki pengertian sebagai mata uang yang tak berbentuk fisik namun dirupakan dalam bentuk digital. Bisa dikatakan mata uang kripto sendiri merupakan mata uang virtual yang dilindungi kode rahasia. Tentu saja dengan kode rahasia ini pastinya akan menghindarkan Anda sebagai pemilik mata uang kripto dari tindak kejahatan serta pemalsuan.

Adapun cara kerja dari mata uang kripto sendiri antara lain Desentralisasi, Terenkripsi dan Digital, dimana yang memegang kontrol serta pengelolaan kripto tersebut adalah pemiliknya sendiri melalui transaksi di internet.

Mata uang Kripto memiliki beberapa jenis, antara lain:
  1. Bitcoin
  2. Binance Coin
  3. Litecoin
  4. Ethereum
  5. Cardano
  6. Degocoin
Layaknya mata uang konvensional yang beredar di masyarakat, mata uang kripto dapat kita gunakan untuk berinvestasi. Namun sebelum saya ulas lebih dalam bagaimana berinvestasi menggunakan mata uang kripto, maka berikut saya akan uraikan beberapa keuntungan berinvestasi melalui trading kripto.

Keuntungan Trading Crypto Untuk Investasi

Mata uang Kripto sendiri dapat kita gunakan untuk investasi. Lho, kok bisa? Bagaimana caranya investasi dengan mata uang digital yang tak kasat mata? Tentu saja bisa karena kita sudah memasuki fase dimana perkembangan teknologi sudah semakin canggih dan didukung oleh kebijakan dari Pemerintah sehingga mata uang kripto bisa dijadikan sarana untuk berinvestasi.

trading Crypto
Sumber gambar: Pixabay

Ada 3 keuntungan ketika Anda melakukan trading Crypto untuk investasi, antara lain:

1. Waktu Trading Tak Terbatas

Berbeda dengan ketika Anda melakukan transaksi di bursa saham yang tidak bisa dilakukan selama 24 jam, maka trading Crypto bisa dilakukan selama 24 jam. Tidak ada waktu libur, sehingga Anda dapat menggunakan waktu luang untuk berinvestasi di trading crypto.

2. Dapat Memberikan Keuntungan Tinggi

Anda bisa membeli aset Kripto jika sedang berada pada harga rendah, lalu menjualnya ketika harga sedang melambung tinggi. Dengan begitu, akan memberi keuntungan yang tinggi. Namun perlu diingat bahwa fluktuasi aset kripto bisa naik turun, sehingga Anda perlu cermat ketika hendak melakukan transaksi.

3. Universal dan Transparan

Seluruh penduduk dunia dapat melakukan trading crypto tanpa saling mengenal satu dengan lainnya. Tidak ada syarat khusus ketika kita terjun ke trading Crypto, bahkan seluruh pengguna trading dapat melihat transaksi pengguna lain walau tentu saja tak dapat tahu identitas pengguna lain.

Bagi Anda yang penasaran ingin berinvestasi mata uang kripto, Anda dapat belajar sekaligus terjun langsung menggunakan platform Indodax.

Mengenal Indodax dan Sistem Kerjanya

Indodax merupakan perusahaan berbasis teknologi di bidang blockchain dan asset kripto yang didirikan sejak tahun 2014. Aset kripto yang dijual di Indodax antara lain:
  1. Bitcoin
  2. Ethereum
  3. Ripple, dan
  4. Lebih dari 160 aset kripto lain dari seluruh dunia
Per 7 Juli 2022, Indodax sudah memiliki member sebanyak 5.452.331 yang dapat Anda lihat langsung di situsnya.

Mengapa Indodak sangat recommended bagi Anda dalam melakukan trading Crypto, berikut alasannya:
  1. Telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau yang disingkat BAPPEBTI.
  2. Perusahan marketplace aset kripto pertama yang ada di Indonesia
  3. Biaya trading dan persentase penarikan di Indodax mulai dari 0%
  4. Transaksi bisa dilakukan selama 24 jam
  5. Pembelian asset kripto dapat dilakukan melalui semua bank lokal yang ada Indonesia.
  6. Penjualan asset kripto dalam dilakukan di bank local yang ada di Indonesia dengan mengkonversikan ke dalam mata uang rupiah.
  7. Telah mendapatkan dua sertifikasi nasional pada tahun 2019 yaitu meraih ISO 9001:2015 yaitu  telah memenuhi persyaratan mengenai sistem manajemen mutu, dan ISO 27001:2013 yaitu memenuhi persyaratan mengenai penerapan sistem manajemen keamanan informasi.
  8. Pada bulan Juli 2021, Indodax meraih ISO 27017:2015 dimana Indodax mampu membangun sistem keamanan cloud, dimana dalam hal ini cloud pada server Indodax.
Salah satu aset Kripto yang juga ada di Indodax adalah Polygon Matic, dimana asset ini bertujuan untuk memberi jalan keluar atas permasalahan kepadatan jaringan dan akses yang lambat tanpa mengurangi sistem keamanan dalam proses trading Crypto. Polygon Matic sendiri awalnya dikembangkan pada tahun 2017 oleh para pengembang yang berasal dari India. 

Beberapa keunggulan ketika Anda melakukan trading menggunakan Polygon Matic, antara lain:
  1. Menjadi asset kripto dengan volume tertinggi, sehingga jika Anda bertransaksi dengan Poligon Matic memungkinkan untuk meraih profit yang tinggi juga.
  2. Harga yang terjangkau, sehingga cocok bagi Anda seorang trading Crypto pemula

Penutup

Ada banyak bentuk investasi saat ini dan bagi Anda yang tertarik dengan trading crypto bisa mulai mempelajarinya di Indodax. Di Indodax terdapat yang namanya Indodax Academy yang bisa Anda manfaatkan sebagai tempat untuk belajar bitcoin dan memahami investasi digital.

Setelah mampu memahami cara kerjanya maka Anda bisa mulai melakukan pembelian maupun penjualan di Indodax. Transaksi bisa Anda lakukan di website resmi Indodax maupun mobile App. 

Jadi tunggu apa lagi, segera daftarkan diri Anda di Indodax dan Trading Crypto lebih menguntungkan apabila mengetahui cara menggunakannya.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba berinvestasi menggunakan mata uang kripto.

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220408115818-37-329980/apa-itu-mata-uang-kripto-begini-penjelasan-dan-cara-kerjanya

https://money.kompas.com/read/2021/11/12/125905426/kripto-pengertian-jenis-cara-kerja-dan-aturannya-di-ri?page=all

https://help.indodax.com/hc/id/articles

https://www.cermati.com/artikel/investasi-crypto-jenis-manfaat-dan-risiko-yang-perlu-diketahui

https://indodax.academy/serba-serbi-polygon-coin-matic-pengertian-cara-kerja-hingga-cara-membelinya/

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "3 Keuntungan Trading Crypto Sebagai Bentuk Investasi"