Bersama Rumah Zakat Bantu Turut Serta Berantas Kemiskinan di Indonesia

Rumah Zakat

Manusia merupakan makhluk sosial dimana saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Di dunia ini tidak semua manusia seberuntung manusia lainnya. Ada manusia yang mungkin terpaksa menahan lapar karena tidak adanya uang untuk membeli makanan. Ada yang terpaksa tidur di emperan toko saat malam tiba karena tidak memiliki rumah yang layak. 

Bahkan di daerah terpencil, ada sekelompok masyarakat yang tidak bisa menikmati air bersih untuk mandi, memasak maupun mencuci baju. Beruntung sekali kita yang masih diberi nikmat air bersih sehingga bisa melakukan aktivitas keseharian tanpa takut kekurangan sumber air.

Dengan adanya kenyataan itu, maka kita sebagai manusia yang diberi rezeki berkecukupan oleh Tuhan Yang Maha Esa, sudah sewajarnya apabila memiliki tingkat empati yang tinggi untuk saling membantu dengan manusia lain yang kurang mampu kondisi ekonominya.

Salah satu bantuan yang dapat kita lakukan kepada masyarakat yang membutuhkan adalah dengan melalui zakat, infaq dan sedekah. Sebagai umat Muslim, berderma merupakan amalan yang memiliki nilai pahala istimewa di hadapan Allah SWT. 

Adapun manfaat dari melakukan zakat, infaq dan sedekah antara lain:
  1. Melatih kepekaan sosial, khususnya terhadap masyarakat yang kurang mampu atau yang berada di bawah garis kemiskinan
  2. Mensucikan harta yang kita miliki
  3. Sebagai bentuk dari rasa syukur kita sebagai manusia ciptaan Allah SWT, karena sampai hari ini masih diberi rezeki dan kecukupan harta.
Apabila timbul keinginan yang kuat di dalam diri kita untuk melakukan zakat, infaq serta sedekah maka tentunya harus segera dilaksanakan. Namun, kita tidak dapat berjalan sendiri. Agar harta yang kita sedekahkan memiliki nilai guna yang lebih tinggi peruntukannya, maka tentu saja diperlukan lembaga untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah tersebut.

Jika kalian masih bingung hendak menyalurkan zakat, infaq dan sedekah ke lembaga filantropi mana, maka saya punya rekomendasi yang bisa dipertimbangkan. Bukan tanpa alasan ketika lembaga filantropi ini direkomendasikan karena memang telah melalui audit syariah oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dengan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Benar sekali, Rumah Zakat adalah rekomendasi lembaga filantropi terbaik dan terpercaya, apabila kalian ingin menyalurkan zakat, infaq dan sedekah dengan rasa tenang dan yakin dana tersebut akan sampai kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Rumah Zakat telah banyak memberikan kontribusi bagi pemberdayaan masyarakat Indonesia

Rumah Zakat: Lembaga Filantropi Terpercaya Milik Masyakarat Indonesia

Menjadi sebuah lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia tentunya merupakan proses yang panjang dan melalui berbagai usaha yang benar-benar nyata hasilnya. Selama 24 tahun Rumah Zakat berdiri, yaitu tepatnya pada tanggal 2 Juli 1998 telah banyak memberikan kontribusi yang nyata, antara lain:
  1. Meraih 58 penghargaan mulai dari tingkat Nasional sampai Internasional.
  2. Memberikan 42 juta layanan manfaat sampai dengan tahun 2021
  3. Memiliki 689.000 donatur selama tahun 2021
  4. Mengelola 1.695 desa berdaya, 20 Sekolah Juara dan 8 klinik
  5. Meraih ISO 37001 pada tahun 2016 dan 15 kali audit dengan status WTP atau Wajar Tanpa Pengecualian (Akreditasi A Audit Syariah Kementerian Agama)
  6. Meraih Status Special Consultative dari United Nation.
  7. Memiliki kantor layanan yang tersebar di 18 Provinsi dan 34 provinsi Distribusi Program.
Dengan membawa visi dan misi yang realistis, menjadikan Rumah Zakat sebagai lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia yang memiliki banyak program untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya. Adapun visi dan misi dari Rumah Zakat sendiri dapat kita lihat sebaga berikut.

Visi:
Lembaga filantropi internasional berbasis pemberdayaan yang profesional

Misi:
Berperan aktif dalam membangun jaringan filantropi internasional
Memfasilitasi kemandirian rakyat
Mengoptimalkan seluruh aspek sumber daya melalui keunggulan insani.

Rumah Zakat telah banyak memberikan kontribusi bagi pemberdayaan masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Jiika ditanya apa saja core program dari Rumah Zakat, dapat saya jelaskan sebagai berikut:

1. Pemberdayaan di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan dan juga pendidikan. 

Rumah Zakat turut mensukseskan program Desa Berdaya yang akan menggali potensi sebuah desa. Hal ini sangat baik bagi perkembangan dan kemajuan suatu desa yang ada di Indonesia. Selain itu pula, Rumah Zakat turut serta mendirikan Klinik Pratama untuk kesehatan warga sekitar, mendirikan sekolah dan juga BUMMAS (Badan Usaha Milik Masyarakat) dimana Rumah Zakat akan memberikan Wakaf UMKM berupa pemberian bantuan gerobak untuk berjualan kepada masyarakat yang ingin menjalankan usaha mereka.

2. Tanggap dalam Penanganan Bencana dan Kemanusiaan 

Rumah Zakat merupakan garda terdepan ketika terjadi bencana dan tragedi kemanusiaan. Seperti yang kita ketahui, bahwa tidak ada yang dapat memprediksi terjadinya bencana alam di suatu tempat. Apabila terjadi bencana, maka tentu saja akan timbul korban jiwa yang kehilangan tempat tinggal, sandang dan pangan. Rumah Zakat berkontribusi dalam memberikan bantuan bagi para korban bencana alam.

3. Program Creating Shared Value atau yang biasa disebut CSV Partner. 

Ada suatu istilah yang sering saya dengar ketika hendak membantu orang lain yang sedang membutuhkan. “Jangan beri ikannya namun berilah orang itu pancingnya”. Tentu saja ada makna yang dalam dari istilah tersebut, dimaka kita harus memberikan “pancing” kepada orang yang membutuhkan agar pancing itu dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna agar orang tersebut keluar dari masalah yang sedang dialami. 

Begitu pula yang dilakukan oleh Rumah Zakat dalam program CSV Partnernya dimana membantu masyarakat agar lebih berdaya hingga mampu berdiri sendiri. Salah satu contoh program CSV Partner adalah dengan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengembangkan usaha, melatih kader masyarakat untuk mengatasi masalah stunting atau kurang gizi pada balita, membantu biaya pendidikan bagi anak putus sekolah serta berbagai program lainnya yang memberdayakan masyarakat.

Tentunya setiap tahun Rumah Zakat ingin selalu melakukan terobosan baru dalam setiap program agar terus dapat menjadi lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia. Di tahun 2022 ini ada banyak target yang ingin diraih oleh Rumah Zakat, di antaranya:
  1. Target agar bisa mencapai 1,5 juta penerima manfaat
  2. Mewujudkan realisasi 1.700 Desa Berdaya
  3. Mewujudkan 20% masyarakat Indonesia keluar dari garis kemiskinan

Penutup

Memilih lembaga filantropi untuk kita jadikan tempat penyaluran zakat, infaq dan sedekah tentunya juga harus melihat bagaimana rekam jejak dari lembaga tersebut. Dan bagi saya Rumah Zakat merupakan jawaban bagi Anda yang saat ini sedang bingung hendak menyalurkan bantuan ke mana.

Mari jadikan diri kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia yang turut serta dalam program memberantas kemiskinan yang ada di Indonesia dengan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah ke lembaga filantropi terpercaya milik masyarakat Indonesia dan itu ada pada Rumah Zakat.

Jadi tunggu apa lagi, dengan adanya zakat mudah di Rumah Zakat menjadikan hidup semakin berkah. 

Semoga bermanfaat.

Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi saya via email mariatanjung81@gmail.com atau direct message via Instagram @mariatanjungmenulis

Posting Komentar untuk "Bersama Rumah Zakat Bantu Turut Serta Berantas Kemiskinan di Indonesia"