Perhatikan Syarat Seserahan Adat Ini!

 
Pinjaman Uang
Sumber Gambar: Pexels


Ketika sah menjadi suami istri, status Anda dan pasangan akan berubah. Tanggung jawab yang besar tentu sudah berada di depan mata. Namun, sebelum memikirkan hal tersebut, Anda harus melewati sejumlah sesi pernikahan adat.

Bila Anda merupakan keturunan Chinese, Anda akan melewati sejumlah adat Tionghoa. Tentunya, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Sebagai solusi, pinjaman uang dapat dijadikan sebagai opsinya. 

Dalam etnis Tionghoa, seserahan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sangjit menjadi prosesi seserahan mempelai pria ke mempelai wanita. Umumnya, prosesi ini dilakukan sebulan sebelum pesta pernikahan. 

Sejumlah Syarat Seserahan Pernikahan Tionghoa 

Berikut sejumlah syarat seserahan pernikahan adat Tionghoa yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Jumlah serta Warna Baki

Ketika acara Sangjit, warna merah menjadi warna yang mendominasi. Contohnya saja dari pakaian yang dikenakan sampai baki hantaran. Hal ini disebabkan karena warna merah memiliki arti kebahagiaan serta kegembiraan. 

Bukan hanya itu, baki hantaran juga harus berjumlah genap seperti 6, 8, 10, kecuali 4, karena angka 4 merupakan lambing dari kematian. 

Kredit Tanpa Agunan
Sumber Gambar: Unsplash

2. Pakaian dan Kain

Seserahan lainnya adalah pakaian dan kain. Pakaian dan kain ini menjadi simbol jika nantinya sang pria akan memenuhi segala kebutuhan wanita. Selain diisi dengan pakaian dan kain, Anda juga bisa mengisinya dengan sepatu dan tas.

3. Kosmetik serta Perlengkapan Mandi

Perlengkapan mandi, kosmetik dan seluruh skincare juga menjadi isian baki yang lainnya. Anda dapat menyertakan semua atau memilih beberapa saja, bergantung dari kemampuan.
Agar lebih bermanfaat, tentu saja skincare yang digunakan harus sesuai dengan skincare yang digunakan oleh mempelai wanita. 

4. Kalung dan Sejumlah Perhiasan

Perhiasan menjadi isian baki hantaran yang harus dipenuhi. Perhiasan yang masuk ke dalam baki hantaran ini seperti cincin, kalung, gelang, anting dan yang lainnya. 

Namun, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah, beratnya tidak boleh berisi angka 4. Sehingga, perhiasan memiliki berat di atas 4 gram atau dibawah 4 gram. 

Untuk seserahan ini pastinya membutuhkan uang yang banyak. Anda bisa menambahkan budget untuk membeli perhiasan dari pinjaman online bunga rendah bayar bulanan yang akan Anda ajukan.

5. Uang Susu & Uang Pesta

Sebenarnya, uang susu ini merupakan uang yang diberikan oleh keluarga mempelai pria pada orang tua mempelai wanita. Uang ini menjadi ucapan terimakasih karena sudah membesarkan serta merawat mempelai wanita. 

Umumnya, uang susu ini jumlahnya bebas. Orangtua wanita yang akan mengambil semua uang susu atau separuhnya. Berikutnya adalah uang pesta. Uang pesta bisa disesuaikan dengan umur mempelai wanita. 

Jika mempelai wanita berumur 30 tahun, uang pestanya bisa Rp300 ribu, atau Rp30 juta. Uniknya, mempelai wanita hanya diizinkan mengambil angka yang berada di paling belakang. Contohnya Rp30.300.000, berarti mempelai wanita hanya boleh mengambil sebesar Rp30 ribu. 

Kemudian sisa uangnya dikembalikan. Jika pihak mempelai wanita mengambil seluruhnya, mereka lah yang nantinya harus menanggung biaya pesta. Bukan hanya uang susu dan uang pesta, tetapi ada sejumlah uang yang bergantung dari adat keluarga.  

6. Buah dengan Jumlah 12 atau 18

Seserahan lain adalah buah yang berisi 12 atau 18. Contohnya saja seperti pir, jeruk, apel. Buah tersebut merupakan lambang rejeki serta kesejahteraan. Buah ini tidak akan diambil semua, karena separuhnya akan dikembalikan ke mempelai pria. 

7. 2 (Dua) Pasang Lilin

Seserahan lainnya berisi sepasang lilin. Seserahan ini memberikan simbol perlindungan dan penangkal pengaruh negatif. Umumnya, lilin yang digunakan adalah lilin bergambar Naga dan burung Phoenix. Satu pasang lilin untuk wanita kemudian sepasangnya untuk pria. 

8. Sepasang Kaki Babi

Sebenarnya, sepasang kaki babi ini dapat diganti dengan 8 hingga 12 makanan kaleng dan 6 hingga 12 kaleng kacang polong. Makanan kaleng yang dapat diberikan sebagai pengganti kaki babi adalah buah longan serta leci kaleng. 

9. Kue Manis dengan Jumlah 12 atau 18

Baki berikutnya berisi makanan manis yang memiliki tekstur lengket. Contohnya seperti kue mangkuk berwarna merah, kue keranjang dan berbagai jenis kue lainnya. 

Anda juga dapat menyertakan sejumlah permen manis ke dalam baki. Jangan lupa mengisinya sebanyak 12 sampai 18   potong. Kue manis dan lengket ini menjadi lambing kehidupan perkawinan yang penuh dengan keberuntungan, dan keharmonisan. 

10. Arak

Seserahan yang terakhir adalah baki yang berisi arak. Arak yang berada di dalam baki berjumlah 2 botol. Bukan hanya arak, Anda dapat menggantinya dengan wine merah dan sampanye. Nantinya, seserahan ini akan ditukar oleh keluarga wanita dengan 2 botol sirup merah. 

Pilihan Pinjaman Uang yang Tepat Untuk Siapkan Seserahan

Harus diakui, mengikuti tradisi bisa dikatakan ribet, banyak yang harus kita penuhi dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, saat menjalankannya tentu akan membawa sejumlah kepuasan tersendiri. 

Bila terkendala masalah biaya untuk memenuhi syarat seserahan di atas, Anda dapat mengajukan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan dari bank, salah satu rekomendasinya adalah DBS KTA, karena memberikan pinjaman hingga mencapai Rp300 juta dan memiliki suku bunga flat mulai dari 0,88% per bulan. 

Bukan hanya itu, Anda juga bisa dengan bebas memilih waktu tenor pinjaman hingga mencapai 36 bulan serta syarat pengajuan yang sangat mudah. Agar dapat melakukan pengajuan pinjaman ini, Anda harus tinggal di daerah cakupan DBS KTA, yakni di daerah Jabodetabek. 

Selain itu, Anda harus menyiapkan e-KTP serta NPWP. Syarat minimal gaji yang diberikan Rp5 juta setiap bulan, serta memiliki kartu kredit yang berasal dari bank lain, limit Rp10 juta.

Dengan kemudahan yang diberikan DBS KTA, yakin tidak ingin mengajukan pinjaman uang ini? Anda bisa mencari informasi lengkap seputar pinjaman ini di laman resmi https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page. Jadi, kapan Anda akan melamar gadis pujaan hati? 
Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Perhatikan Syarat Seserahan Adat Ini!"