Kiat Capai Financial Freedom dengan Instrumen Obligasi

Kiat Capai Financial Freedom
Sumber Gambar: Pexels


Obligasi Pemerintah dapat dijadikan sebagai salah satu jalan untuk mencapai financial freedom. Financial freedom atau kebebasan finansial diartikan sebagai suatu keadaan saat seseorang telah mempunyai penghasilan cukup dan tidak merasa khawatir kekurangan di masa mendatang. 

Orang yang sudah mencapai kondisi financial freedom ini dikatakan mampu secara sadar mengendalikan keuangan. Tentunya hal ini sejalan dengan pilihan hidup dari orang tersebut. Artinya mereka telah sukses memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan menuruti gaya hidup, bahkan untuk kurun waktu jangka panjang.

Alih-alih dijadikan sebagai cita-cita, financial freedom perlu dicapai karena ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Dengan kebebasan finansial, Anda jadi memiliki keuangan yang stabil, lebih independen soal keuangan, serta tidak adanya kekhawatiran terkait keuangan.

Kiat Mencapai Financial Freedom

Untuk bisa mencapai financial freedom, pastinya Anda memerlukan strategi. Sering digambarkan sebagai sesuatu yang sulit, nyatanya terdapat beberapa tips atau kiat yang bisa membantu Anda agar bisa menjemput kebebasan finansial Anda tersebut. 

Kiat-kiat untuk bisa mencapai financial freedom antara lain sebagai berikut:

1. Memahami Situasi Finansial Anda Saat Ini

Pertama-tama yang bisa Anda lakukan dalam tahapan atau tata cara mencapai financial freedom yaitu pemahaman terhadap situasi finansial yang dimiliki. 

Financial freedom bukan persoalan seberapa besar penghasilan yang Anda dapatkan, melainkan kemampuan dari penghasilan tersebut dalam memenuhi seluruh kebutuhan Anda.
Dengan memahami situasi finansial, seperti pemasukan dan pengeluaran, Anda jadi bisa menilai apakah penghasilan yang Anda miliki dapat menutupi seluruh kebutuhan tersebut. 

Lakukan investasi
Sumber Gambar: Pexels

2. Menentukan Target Tujuan Keuangan

Kiat berikutnya untuk bisa mencapai kebebasan finansial yaitu dengan cara menentukan target atau tujuan dari keuangan Anda. Dengan menetapkan target dan tujuan dari keuangan Anda tersebut, maka Anda dapat dengan mudah menyusun strategi yang sesuai untuk bisa mencapainya.

3. Mencari Penghasilan Tambahan

Untuk mempercepat proses pencapaian financial freedom, Anda perlu mempertimbangkan mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan merintis bisnis. 

Saat ini telah banyak kemudahan dalam proses perintisan bisnis. Selama Anda menekuninya dengan baik, maka penghasilan tambahan bisa sangat membantu Anda untuk bisa mencapai kebebasan finansial.

4. Melakukan Investasi

Selain mencari penghasilan tambahan, kiat berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan financial freedom yaitu dengan mengalokasikan sebagian aset Anda untuk melakukan investasi.

Berinvestasi bisa menjadi cara yang paling ampuh dalam membantu Anda mewujudkan kebebasan finansial. Pilih instrumen investasi yang paling tepat agar investasi tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang berarti bagi Anda.

Pilihan investasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk membantu terwujudnya kondisi kebebasan finansial, antara lain investasi Obligasi, investasi properti, investasi emas, hingga saham.

5. Melunasi Utang Jika Ada

Financial freedom belum bisa tercapai apabila Anda masih memiliki utang atau tagihan yang belum dilunasi. 

Agar bisa mencapai keadaan di mana Anda bisa memenuhi segala macam kebutuhan atau memiliki kebebasan secara finansial, maka Anda perlu melunasi segala hutang yang masih berjalan.

6. Meningkatkan Literasi Finansial

Melek literasi terhadap keuangan pastinya diperlukan agar bisa mencapai financial freedom. Hal ini penting untuk ditingkatkan agar Anda terhindar dari banyaknya penipuan yang menyangkut keuangan. 

Apalagi sampai mengakibatkan Anda mengalami kerugian besar. Apabila hal tersebut terjadi, maka proses pencapaian kebebasan finansial dapat terhambat.

7. Melakukan Konsultasi Finansial

Berikutnya, agar Anda bisa lebih yakin dengan segala strategi yang hendak Anda lakukan demi mencapai financial freedom, maka Anda bisa melakukan konsultasi finansial dengan para ahlinya.

Dengan melakukan konsultasi ini, pihak ahli finansial dapat membantu Anda hingga memberikan solusi yang tepat terkait bagaimana caranya untuk bisa dengan segera mencapai financial freedom.

Rekomendasi Investasi untuk Capai Financial Freedom

Melakukan investasi merupakan salah satu bentuk kiat yang bisa Anda lakukan untuk sampai di tahap mencapai financial freedom. Investasi banyak macamnya, salah satu jenis instrumen investasi yang bisa Anda coba lakukan untuk mendukung Anda mencapai kebebasan finansial yaitu instrumen Obligasi.

Definisi Obligasi sendiri adalah investasi dengan sistem memperjualbelikan surat utang yang diterbitkan oleh lembaga penerbit, seperti misalnya lembaga negara atau pemerintah maupun perusahaan.

Surat utang yang diterbitkan oleh tiap-tiap lembaga tersebut memiliki harga yang berbeda-beda, baik dalam proses pembelian maupun penjualannya yang tentunya akan disertai dengan bunga atau kupon dengan besaran tertentu. 

Dengan melakukan investasi Obligasi yang nilai surat utangnya bisa terus menerus bertambah dan semakin besar, tentunya membuat instrumen investasi satu ini berpotensi mendatangkan keuntungan yang juga besar. Berdasarkan hal tersebut, potensi pendapatan keuntungan yang besar dapat membantu Anda untuk bisa dengan segera mencapai financial freedom.

Capai Financial Freedom dengan Melakukan Investasi Obligasi Pemerintah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rekomendasi jenis investasi yang bisa Anda coba untuk membantu mencapai kebebasan finansial adalah investasi Obligasi. Berdasarkan penjelasan di atas, diketahui bahwa jenis investasi Obligasi ini dibagi berdasarkan pihak yang menerbitkan surat utang tersebut.

Obligasi Pemerintah merupakan investasi Obligasi dengan surat utang yang diterbitkan oleh lembaga pemerintah. Sebagai rekomendasi, Anda perlu melakukan investasi dengan membeli surat utang dari penerbit pemerintah ini dari mitra yang tepat agar yakin mewujudkan kebebasan finansial, seperti misalnya DBS Treasures

Keunggulan berinvestasi Obligasi bersama perbankan prioritas DBS Treasures antara lain:
  • Anda akan memperoleh pendapatan berupa kupon yang diberikan dengan rutin.
  • Adanya potensi untuk mendapatkan capital gain.
  • Anda akan memperoleh kupon yang bersifat kompetitif.
  • Tidak adanya biaya tambahan.
  • Transaksi dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS selama 24/7.
Tertarik untuk melakukan investasi Obligasi Pemerintah dengan mitra DBS Treasures? Kunjungi laman https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds untuk mendapatkan informasi mendetailnya!

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

4 komentar untuk "Kiat Capai Financial Freedom dengan Instrumen Obligasi"

  1. Sekilas pernah diperkenalkan soal DBS dan konsep bank nya bagus. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  2. Mencapai financial freedom tentunya menjadi 'cita-cita' ya. Ternyata DBS pun memfasilitasi juga dengan DBS Treasure. Good banget nih infonya. Thanks ya.

    BalasHapus
  3. Yg nomer 6-7 itu aku mungkin sangat jarang ngelakuin wkwkwk jadi finansial freedom nya belum free-free amat lah ya. Skrg masih di tahap mencegaj terjadinya utang aja biar hidup tenang

    BalasHapus
  4. Aku seneng kemarin kebagian jatah sukun terakhir di tahun 2022. Mayan nambah pasif income n mengamankan yang dr inflasi. Tp untuk kelancaran dana baiknya msh taroh di rdpu aja

    BalasHapus