Alasan Kenapa Rambut Rontok, Jangan Panik Ketika Mengalami

 
Alasan Kenapa Rambut Rontok
Credit Photo:Pexels

Rambut merupakan mahkota perempuan yang sebisa mungkin dijaga agar tak pudar keindahannya. Berbagai cara dilakukan oleh perempuan untuk menjaga agar rambut mereka tetap sehat, misalnya saja dengan:
  • Keramas teratur dua hari sekali
  • Melakukan perawatan creambath di salon
  • Menggunakan tonik penyubur rambut
  • Menggunakan kondisioner dan masih banyak lainnya.
Ketika saya masih remaja, mungkin kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan rambut itu tidak terlalu dihiraukan. Namun lambat laun, seiring berjalannya waktu saya menyadari bahwa rambut merupakan komponen dalam tubuh yang juga penting untuk dijaga.

Apalagi ketika profesi saya yang mengharuskan untuk berada di luar ruangan, mau tidak mau kepala harus terpapar sinar matahari sehingga rambut juga secara tak langsung terkena dampaknya. Meskipun saya menggunakan hijab namun ternyata rambut bisa juga terpapar sinar matahari secara tak langung.

Walaupun saat ini saya berusaha menjaga agar rambut tetap sehat dan bersih meskipun menggunakan hijab, namun ternyata rontok tak dapat terhindarkan. Awalnya bingung kenapa rambut saya rontok padahal berusaha menggunakan shampoo terbaik anti rontok. Namun ternyata banyak faktor yang menyebabkan kenapa rambut rontok meskipun kita sudah melakukan segala hal untuk mencegahnya. Terlebih yang memprihatinkan adalah rambut rontoh tersebut datang dari perempuan yang usianya masih dikatakan cukup belia. Yuk, mari kita simak sedikit penjelasan dari saya agar kalian tidak panik ketika mengalami kerontokan pada rambut.

Alasan Kenapa Rambut Rontok, Ketahui Sebelum Panik

Ternyata gaes, sebenarnya normal banget apabila rambut kita sesekali mengalami kerontokan asal tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan adanya pergantian siklus pada rambut selama kurun waktu dua sampai tiga bulan sekali, yang menyebabkan rambut rontok. Namun itupun jumlahnya tidak lebih dari seratus helai kok.

Yang patut diwaspadi adalah ketika rambut kalian rontok secara terus menerus dalam jangka waktu lama, dan jumlahnya sudah luar angka yang wajar. Tentu jika lama kelamaan rambut rontok maka yang ada kita akan mengalami kebotakan. Perempuan tentu akan merasa tidak percaya diri donk kalau mengalami kebotakan pada kepalanya.

Beberapa alasan kenapa rambut rontok padahal usia kalian masih muda belian, diantaranya:

1. Kesalahan dalam menggunakan produk untuk rambut

Saya pernah sering bergonta ganti shampoo sehingga menyebabkan rambut rontok. Namun belum saya sadari akan kelalaian tersebut. Hingga akhirnya saya googling kalau ternyata penggunaan shampoo bergonta ganti itu berpengaruh terhadap kesehatan rambut, salah satunya kerontokan. Dan itu juga berlaku pada produk rambut lainnya seperti cat rambut, hairdryer, creambath, kondisioner dan lain sebagainya. Pastika produk rambut yang akan kalian pakai sudah benar-benar teruji secara klinis agar ketika menggunakannya tidak menyebabkan risiko kerontokan.

2. Faktor kelelahan dan stress

Manusia yang mengalami stress tentu menyebabkan perubahan horman di dalam tubuhnya. Ada istilah di dunia kedokteran yang dikenal dengan Telogen effluvium dimana merupakan keadaan rambut kita rontok secara berlebihan namun kabar baiknya hanya berlangsung selama beberapa bulan dikarenakan seseorang mengalami tekanan secara psikologis atau bisa disebut dengan stress.

Sementara ada penyakit kekebalan tubuh yang bisa menyerang manusia sehingga menyebabkan kerontokan pada rambut. Penyakit tesebut dinamakan Alopecia Areata, dimana folikel rambut kita diserang sehingga menyebabkan kerontokan yang cukup parah.

3. Gaya Hidup

Percaya atau tidak bahwa gaya hidup buruk yang selama ini dilakukan secara tak langsung memengaruhi kesehatan seluruh tubuh tak terkecuali rambut. Sering merokok, sering makan makanan junk food atau cepat saji dapat mempercepat kerontokan rambut bahkan ketika usia kalian masih amat muda.

Makanan cepat saji tidak mengandung nutrisi cukup yang dibutuhkan oleh tubuh, salah saunya rambut. Hal inilah yang menyebabkan rambut tidak bisa tumbuh secara optimal bahkan cenderung mengalami kerontokan. Ingat bahwa rambut juga butuh nutrisi untuk bisa tumbuh dan kuat di akarnya.

Di dalam rokok yang kalian hisap mengandung zat nikotin yang dapat menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang membuat rambut tidak dapat ternutrisi dengan baik dikarenakan adanya penyumbatan pada pembuluh darah karena nikotin.

Penutup

Banyak sekali alasan kenapa rambut rontok, tapi tolong ketika kalian mengalaminya maka jangan langsung panik. Bisa saja faktor kelelahan menjadi penyebab utama, sehingga ketika sudah beristirahat dengan cukup dan teratur maka rambut yang rontok akan kembali tumbuh seketika.

Selagi masih berusia belia, jangan sia-siakan untuk tetap menjaga kesehatan. Rambut merupakan bagian dari tubuh yang harus mendapat perhatian sama dengan anggota tubuh lainnya. Oleh sebab itu, mari jaga agar rambut tidak mudah dan tidak cepat rontok agar dapat selalu percaya diri.

Semoga bermanfaat.

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Rambut Rontok, Jangan Panik Ketika Mengalami"