Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri

Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri
Credit Photo: Freepik

Pendidikan diyakini dapat mengubah nasih seseorang. Karena dengan mengenyam pendidikan sampai ke tingkat tertentu, maka semakin banyak pula ilmu yang dipelajari oleh seseorang. Selain ilmu yang didapat, orang yang sudah menempuh pendidikan sampai ke tingkat tertentu juga bisa meraih peluang yang lebih menjanjikan di dalam hidupnya.

Misalnya saja ketika seseorang menempuh pendidikan sampai tingkat sarjana atau S1 tentu posisi pekerjaan yang ditawarkan akan banyak pilihan dibanding mereka yang belum mengenyam pendidikan sampai tingkat tersebut. 

Berbicara mengenai pendidikan, ada banyak cara seseorang dapat mengenyam pendidikan sampai ke tingkat yang paling tinggi sekalipun. Salah satunya adalah melalui program beasiswa yang ditawarkan.

Beasiswa memiliki pengertian sebagai bantuan finansial yang diberikan oleh lembaga ataupun instansi kepada seseorang untuk mengenyam pendidikan sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Tentu saja beasiswa diberikan oleh pemberi bantuan dengan melalui berbagai prosedur maupun persyaratan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Penerima beasiswa pun juga akan melewati berbagai proses seleksi dengan peserta lainnya yang mendaftar.

Beasiswa pendidikan sendiri dapat diperoleh di dalam negeri maupun luar negeri. Itu semua tergantung dari keinginan si penerima beasiswa, apakah dia akan mencoba peruntungan menuntut ilmu di luar negeri sembari menambah pengalaman, atau cukup menuntut ilmu di dalam negeri saja.

Berhasil Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri, Berikut Tipsnya

Tentunya ketika berhasil mendapat beasiswa, ada rasa bangga dalam hati kita. Hal ini dikarenakan dengan beasiswa, maka kita tidak perlu mengeluarkan dana untuk dapat menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tertentu. Apalagi jika beasiswa pendidikan luar negeri berhasil kita dapatkan, rasanya mendapat keberuntungan berlipat ganda.

Hal ini dikarenakan, ketika kita bisa menuntut ilmu di negara lain, akan mendapat pengalaman baru yang mungkin berbeda ketika menuntu ilmu di negara sendiri. Mendapat beasiswa di luar negeri tentu mengharuskan kita tinggal dan menetap di negara lain selama beberapa waktu tertentu. Belajar budaya baru di negara orang akan menjadi pengalaman seru sekaligus tak terlupakan.

Namun nyatanya, mendapatkan beasiswa ke luar negeri tak semudah yang kita pikirkan. Menguasai bahasa asing negara yang ingin dituju untuk mendapat beasiswa tidaklah cukup untuk bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Ada banyak faktor lain yang membuat kita lolos hingga akhirnya bisa mendapat beasiswa ke luar negeri.

Berikut tips agar kalian bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri:

1. Cari Informasi Detail Tentang Penyelenggara Beasiswa Luar Negeri

Sebelum mengajukan beasiswa ke sebuah lembaga atau institusi, ada baiknya kalian mempelajari terlebih dahulu profil penyelenggara beasiswa luar negeri. Hal ini tentu saja agar kalian tahu apakah jurusan pendidikan yang dituju ditawarkan atau tidak di lembaga penyelenggara bea siswa tersebut.

Kalian bisa membuat perbandingan antara penyelenggara beasiswa satu dengan lainnya, mulai dari biaya apa saja yang dicover. Tentu sebagai mahasiswa yang menerima beasiswa, kita menginginkan fasilitas lengkap seperti biaya kuliah, uang saku serta biaya akomodasi.

2. Pilih Negara Tujuan Tempat Anda Ingin Menuntut Ilmu Dengan Beasiswa

Ketika bercita-cita untuk menuntut ilmu di luar negeri, tentu harus selektif untuk memilih negara mana yang akan kita huni selama beberapa tahun ke depan. Misalnya saja kita ingin mendapat beasiswa di negara yang kulturnya tidak jauh berbeda dengan kultur Indonesia, maka negara yang berada di Asia Tenggara bisa menjadi alternatif pilihan.

Namun apabila kita ingin mencari suasana baru yang berbeda dari kultur budaya sendiri, maka bisa mencari beasiswa di negara seperti di benua Eropa yang selain jauh dari segi jarak, juga kultur budaya yang jauh berbeda dari negara kita.

3. Buatlah CV, Motivation Letter dan Surat Lamaran Beasiswa

Dalam hidup ini tentu kita harus selalu membawa semangat positif agar segala yang dicita-citakan dalam hidup dapat tercapai. Salah satunya apabila memiliki keinginan mendapat beasiswa ke luar negeri. 

Tak ada salahnya mempersiapkan diri membuat CV (Curriculum Vitae) dan juga surat lamaran beasiswa ke lembaga yang dituju. Tentu saja dalam CV tersebut, kalian harus menyebutkan motivasi ketika mengajukan beasiswa ke negara yang dituju. 

Buatlah CV semenarik mungkin yang berisi segala prestasi akademik yang sudah kalian raih, agar menjadi daya tarik panitia penerimaan beasiswa luar negeri. Jelaskan juga dalam motivation letter mengapa kalian layak untuk mendapat beasiswa tersebut. 

Berburu Beasiswa ke Negara Turki

Salah satu negara tujun untuk mendapatkan beasiswa adalah Turki, dimana di negara tersebut banyak terdapat perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan terbaiknya. Selain itu juga banyak jurusan perkuliahan yang variatif ditawarkan di beberapa perguruan tinggi di Turki.

Beasiswa Turkiye Burslari merupakan peluang dan juga kesempatan emas bagi kalian yang ingin menimba ilmu di luar negeri. Bahkan negara Turki menempati ranking 37 dari 74 negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik menurut PISA (Programme for International Student Assessment)

Bagi kalian yang belum pernah mendengar Turkiye Burslari Scholarship, maka ijinkan saya untuk menjelaskan secara singkat. Turkiye Burslari Scholarship merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah Turki bagi kalian yang ingin kuliah di negara transkontinental tersebut. Peluang mendapatkan Turkiye Burslari Scholarship terbuka bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang S1 sampai S3.

Berikut beberapa alasan kenapa Turkiye Burslari Scholarship menjadi impian para mahasiswa Indonesia sebagai negara tujuan mendapatkan beasiswa, antara lain:
  1. Mendapat kesempatan mempelajari bahasa Turki selama 1 tahun
  2. Penyelenggara beasiswa akan menanggung 100% biaya kuliah penerima beasiswa
  3. Calon penerima beasiswa diberi kesempatan untuk memilih 12 universitas 
  4. Mendapat biaya hidup per bulan
  5. Mendapat asuransi kesehatan
Sebelum pergi ke negara tujuan beasiswa, tentu saja kalian harus mempersiapkan segala hal. Salah satu yang perlu dipersiapkan untuk pergi ke luar negeri meraih beasiswa impian adalah kemampuan berbahasa asing. Kobi Education dapat membantu kalian yang ingin mendapatkan beasiswa idaman ke luar negeri.

Kobi Education merupakan platform pendidikan yang bertujuan untuk memberikan bimbingan bagi kalian yang berencana mengambil program beasiswa ke luar negeri. Layanan yang disediakan Kobi Education meliputi:
  • IELTS Preparation
  • TOEFL ITP, yaitu test TOEFL yang berupa listening, grammar dan reading
  • Proofreading
  • Konsultasi dan Mentoring seputar beasiswa ka luar negeri.
Kobi Education dapat diakses secara online bagi kalian yang berencana mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Peserta dapat berinteraksi dengan mentor melalui live in zoom untuk berkonsultasi dengan rencana meraih beasiswa ke luar negeri.

Selain dapat diakses via live in zoom, kalian yang ingin bergabung bersama Kobi Education juga dapat menghubungi Whatsapp di nomor 0878-1471-3445 apabila ada pertanyaan seputar program beasiswa ke luar negeri. Kalian juga bisa follow akun official Instagram Kobi Education yaitu @kobieducation dan bisa chat melalui direct message apabila ada pertanyaan yang ingin disampaikan seputar studi ke luar negeri.

Jadi tunggu apa lagi, segera bergabung dengan Kobi Education bagi kalian yang berencana mengambil beasiswa ke luar negeri.



Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

7 komentar untuk "Tips Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri"

  1. Wiiih bisa nih hubungi Kobi buat tanya lebih jauh tentang beasiswa luar negeri. Kemarin sempat rame di timeline saya tentang beasiswa turki ini. Biar gak terskip informasi yang bener memang sebaiknya menghubungi Kobi Education

    BalasHapus
  2. Seru juga kalau bisa kuliah dgn beasiswa ke Turki ya mbak. Meskipun sudah berkeluarga, rasanya tidak salah jika menyimpan keinginan lanjut studi. Karena yg peduli dgn kemajuan kita adalah diri sendiri. Ini juga bermanfaat untuk share ke keluarga yg masih muda mudi, ya.

    BalasHapus
  3. Beneran nih untuk cari beasiswa sekolah ke luar negeri itu butuh keseriusan banget. Harus fokus cari kampusnya dengan segala kriterianya. Terutama soal bahasa kadang bisa bikin kendal. Tapi harus giat dan semangat juga

    BalasHapus
  4. Turki banyak jadi incaran pencari beasiswa, tak hanya karena sistem pendidikan nya yang bagus, juga di negara tersebut banyak lokasi wisata baik umum maupun religi islami. Alhamdulillah ya yang udah bisa lulus perguruan tinggi di Turki, pulang pasti banyak membawa ilmu dan pengalaman

    BalasHapus
  5. Wah info ini kubutuhkan sekali untuk keponakan aku yang lagi cari info beasiswa ke LN mbak, ternyata ada tips nya yg jitu ya spya lolos dapat beasiswa ke LN nya nice info banget mbak

    BalasHapus
  6. Mendapat beasiswa ke luar negeri khususnya Turki memang lagi digemari anak sekarang ya, memang tantangannya mereka harus mempelajari bahasa baru lagi. Tapi kalau sudah berniat tentu saja akan bisa melaluinya. Apalagi ada Kobi Education yang siap membantu calon mahasiswa untuk kuliah di luar negeri

    BalasHapus
  7. Kalau beasiswa ke luar negeri, tapi bahasa di negara tersebut bukan berbahasa inggris, kita harus belajar bahasanya lagi ya...
    Apalagi kalo negara tersebut punya alpabet sendiri.
    Hmmm

    BalasHapus