Berburu Beasiswa MEXT Indonesia, Ini yang Harus Anda Ketahui

Credit Photo: Desain by Canva

Berbicara mengenai pendidikan, sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Selalu saja ada pembahasan menarik mengenai dunia pendidikan. Salah satu tema di dunia pendidikan yang menarik untuk dibahas adalah mengenai beasiswa.

Siapa sih yang tidak ingin menempuh pendidikan dibiayai oleh pihak ketiga, dalam hal ini subsisi atau bantuan pendidikan itu dinamakan dengan beasiswa. Ada kebanggaan tersendiri apabila seorang mahasiswa mendapatkan beasiswa dari mulai awal kuliah sampai lulus.

Apalagi saat ini biaya pendidikan tidaklah murah, sehingga mendapatkan beasiswa merupakan peluang emas bagi seorang individu untuk menuntut ilmu. Salah satu beasiswa yang dicari oleh sebagian besar mahasiswa saat ini adalah Beasiswa MEXT Indonesia. Tapi tahukah kalian apa itu Beasiswa MEXT Indonesia?

Yuk Cari Tahu Apa Itu Beasiswa Mext Indonesia

Beasiswa MEXT Indonesia sendiri merupakan program beasiswa yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang yang ditujukan untuk mahasiswa internasional, salah satunya mahasiswa dari Indonesia.

Adapun jenjang pendidikan Beasiswa MEXT Indonesia ini mulai dari S1 sampai S3 sehingga apabila kalian merupakan lulusan SMU, maka bisa berkesempatan untuk mendapat Beasiswa MEXT Indonesia.

Tentu saja yang menjadi tujuan melanjutkan pendidikan ketika mendapatkan Beasiswa MEXT Indonesia adalah universitas yang ada di Jepang. 

Ada banyak keunggulan ketika seseorang berhasil mendapatkan beasiswa MEXT Indonesia, diantaranya:
  • Calon mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih perguruan tinggi mana yang akan menjadi kampusnya menuntut ilmu
  • Mahasiswa yang lulus dengan program beasiswa MEXT Indonesia berkesempatan untuk bekerja di Jepang 
  • Diberikan fasilitas beasiswa yang cukup lengkap meliputi tunjangan hidup, tiket pesawat pulang pergi dan berkesempatan untuk tinggal di asrama universitas,
  • Syarat IELTS dan TOEFL ITP yang cukup rendah yaitu untuk IELTS 5,5 dan TOEFL ITP 543
Jepang merupakan negara di benua Asia yang memiliki banyak perguruan tinggi bergengsi dan juga berkualitas, bahkan cenderung kompetitif. Dengan budaya hidup yang cenderung disiplin, menjadikan Jepang sebagai salah satu destinasi negara terbaik untuk menuntut ilmu.

Beberapa perguruan tinggi di Jepang yang bisa menjadi alternatif kalian ketika ingin mengambil  Beasiswa MEXT Indonesia antara lain:
  1. Osaka University
  2. Nagoya University
  3. Kyoto University
  4. Hokkaido University
  5. dan masih banyak perguruan tinggi lainnya
Bersama Kobi Education, Jadikan Impian Kuliah di Jepang Jadi Kenyataan

Ketika mimpi kalian ingin melanjutkan studi di luar negeri, maka tentu saja harus ada tindakan untuk merealisasikannya. Dengan terus mengikuti informasi seputar beasiswa luar negeri, dan syarat apa saja yang harus dipenuhi maka kesempatan untuk bisa kuliah di luar negeri akan makin terbuka lebar.

Salah satu informasi seputar beasiswa terkini yang bisa kalian dapatkan adalah melalui Kobi Education. Kobi Education merupakan platform pendidikan yang ditujukan untuk kalian yang sedang mencari informasi seputar beasiswa.

Tentu saja tidak hanya sekadar informasi seputar beasiswa, Kobi Education juga menerima jasa konsultasi dan mentoring bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar beasiswa luar negeri.

Konsultasi dan mentoring yang dilakukan adalah seputar melengkapi persyaratan berkas permohonan pengajuan beasiswa ke luar negeri dan juga mentoring bagaimana menulis esai yang baik dan benar. Esai ini biasanya menjadi syarat mutlak bagi calon penerima beasiswa LPDP. 

Selain itu juga, kalian bisa mengakses kalender beasiswa yang terdapat di situs Kobi Education. Hal ini dikarenakan penyelenggaraan beasiswa keluar negeri tidak diadakan setiap saat. Ada waktu-waktu tertentu kita bisa mengajukan beasiswa ke luar negeri. Oleh sebab itu kita harus mempersiapkan berbagai kelengkapan adminitrasi secara detail seperti Ijazah, Curriculum Vitae dan kelengkapan lainnya.

Semoga bermanfaat.


Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

8 komentar untuk "Berburu Beasiswa MEXT Indonesia, Ini yang Harus Anda Ketahui"

  1. Ini nih beasiswa yang ditunggu-tunggu. Selain tunjangan sekolah dan hidup yang lengkap, para awardee juga diberikan kesempatan untuk bekerja di Jepang. Mendulang banyak pengalaman dan pendapatan yang nantinya akan dibawa pulang.

    Mendadak jadi ingat Jerome Polin. Penerima beasiswa, kuliah di Jepang, dan mencetak keberhasilan dalam hidup, sebelum serius mendalami dunia MATH dan katanya ingin membuka sekolah sendiri. Membuka jalan bagi generasi berikut untuk belajar mencintai MATH dan berhasil di bidang itu.

    BalasHapus
  2. Program bimbingannya bagus nih apalagi yg punya cita2 kuliah ke luar negeri. Bisa konsultasi dengan mentornya atau mencari tahu lebih jauh tentang hal-hal apa saja yg harus dipersiapkan

    BalasHapus
  3. Wah...informasi penting nih. Selama ini tahunya beasiswa ke Eropa dan Amerika aja. Ternyata Jepang pun membuka beasiswa ke Universitas terkenal di sana. Sip...

    BalasHapus
  4. Solutif banget Kobi Education
    Saya jadi inget waktu pernah pingin kuliah di luar negeri
    Karena gak tau caranya cuma menghubungi kedubes setempat
    Sekarang ada Kobi Education, siapa pun bisa kuliah di negara mana pun cukup dengan mantengin Kobi Education dan pelajari strateginya

    BalasHapus
  5. Beasiswa MEXT ini kayaknya yang dipake ama Jerome ya. Biayanya mencakup lain2 juga. Jadi pasti mahasiswanya terbantu banget dengan beasiswa ini. Tinggal maksimalin usaha buat dapet beasiswa ini ya, mba.

    BalasHapus
  6. Bisa ceki² kalendernya nih biar tahu jadwalnya, siapa tahu kan bisa persiapin banyak hal biar makin mantap dan fokus dapetin beasiswanya.

    BalasHapus
  7. Waaahh beasiswa ke Jepang, langsung intipin nih, bisa dishare ke grup keluarga siapa tau ada yg pengen studi lanjut ke Jepang. Makasih mba

    BalasHapus
  8. Bagus banget artikelnya, jadi bisa nambah referensi untuk masyarakat yang pingin anaknya kuliah di Jepang. Keren deh pokoknya beasiswa MEXT.

    BalasHapus