Belajar Parenting Dengan Paket Internet Cepat IndiHome, Bantu Hilangkan Stress Orang Tua Dalam Mengasuh Anak

Internet Cepat IndiHome


Percaya atau tidak, saat ini pola pengasuhan anak sangat berbeda 180 derajat dengan orang tua kita jaman dulu. Kalau dulu, saya sangat takut dengan tatapan mata almarhum bapak yang menunjukkan rasa marah, ketika saya tidak mau belajar di rumah, tapi anak jaman sekarang justru makin berani adu argumentasi dengan orang tua.

Hal ini yang dirasakan oleh kakak sepupu saya dimana mempunyai dua orang anak laki-laki remaja yang sangat suka berargumen apabila perintah ayah dan ibu mereka tak sesuai keinginan. Mereka berani mengungkapkan pendapat bahkan secara frontal apabila keinginan tidak sesuai dengan orang tua. Tentu saja hal ini membuat stress kakak sepupu saya dalam mengasuh serta mendidik kedua anak laki-laki yang beranjak dewasa. 

Sangat berbeda sekali ketika jaman saya dimana cenderung ‘nrimo’ atas keputusan kedua orang tua. Toh tidak ada orang tua yang ingin anaknya celaka, dan bersyukur saat ini saya mampu memberikan rasa bangga kepada kedua orang tua.

Anak jaman sekarang, bisa dibilang sudah semakin mudah menerima informasi apapun dengan fasilitas internet di rumah masing-masing, sehingga bisa jadi mereka mempraktikkan informasi tersebut tanpa fiter karena minimnya wawasan dan rendahnya literasi. Oleh sebab itu orang tua dituntut untuk mampu menyeimbangkan kemampuan dalam mendidik dan mengasuh anak di jaman sekarang, agar keturunan mereka memiliki etika yang baik, tidak hanya di rumah namun juga di masyarakat.

Kalau jaman bapak ibu saya tentu tidak ada panduan secara tertulis bagaimana mendidik anak. Semua berdasarkan dengan learning by doing, atau belajar dengan melakukan alias praktik. Nyatanya saat ini, metode pegasuhan learning by doing akan sulit diterapkan dalam mendidik anak, apabila kita tidak belajar dengan ahlinya, yaitu orang-orang yang khusus mempelajari ilmu parenting.

Pengertian Ilmu Parenting dan Bagaimana Mempelajarinya

Adanya curhat kakak sepupu yang bercerita tentang anaknya yang suka mengajak berdebat orang tua apabila keinginan tidak sesuai dengan anak, tentu menyebabkan rasa stress tersendiri bagi orang tua. Kalau dulu kita dituntut untuk menjadi anak yang penurut dan patuh, maka tidaklah demikian di zaman sekarang, apalagi bagi orang tua yang memiliki anak di generasi Z seperti kakak saya.

Untuk itu sangat disyukuri jika saat ini sudah ada ilmu parenting yang berkembang di masyarakat, sehingga orang tua dapat mempelajarinya. Ilmu Parenting sendiri memiliki arti sebagai ilmu yang mempelajari mengenai pola asuh terhadap anak. Adapun tujuan dari mempelajari ilmu parenting bagi orang tua adalah agar dapat membentuk kepribadian dan perilaku anak di masa depannya.

Dalam menerapkan ilmu parenting sendiri, orang tua harus menyesuaikan dengan kondisi di dalam rumah tangga mereka. Hal ini dikarenakan kondisi rumah tangga sebuah keluarga berbeda satu dengan lainnya. Bisa jadi pola parenting dalam sebuah rumah yang hanya ada nuclear family (keluarga inti) berbeda dengan extended family (keluarga besar dengan banyak orang dalam satu rumah).

Memperlakukan anak dengan menggunakan pola asuh dalam ilmu parenting tentu saja berbeda-beda. Orang tua dapat menggunakan pola asuh sesuai dengan kepribadian masing-masing anak. Menurut Hurlock, serta Hardy & Heyes, terdapat 3 pola asuh yang selama ini mungkin dilakukan oleh orang tua dalam mengasuh anak-anak, sebut saja:

1. Pola asuh permisif

Dalam pola asuh ini, orang tua memberi kebebasan bagi anak untuk membuat keputusan mereka sendiri, serta berusaha untuk tidak ikut campur urusan anak. Dalam pola asuh permisif, orang tua menginginkan anak menjadi mandiri dengan cara mengambil keputusan sendiri.

2. Pola asuh otoriter

Pada pola asuh ini, orang tua menganggap diri mereka memiliki tingkatan tertinggi dalam keluarga, sehingga berhak untuk mengatur anak-anak agar menjadi patuh terhadap aturan yang dibuat orang tua. Seringnya orang tua memaksa anak mematuhi aturan yang dibuat, dan memberi hukuman jika anak tidak patuh, cenderung membuat anak tidak memiliki inisiatif dalam pertumbuhan mereka. 

3. Pola asuh otoritatif

Pada pola asuh ini, terdapat komunikasi dua arah yang dilakukan oleh orang tua dan anak, sehingga anak dapat lebih terbuka curhat ke orang tua apabila sedang mengalami permasalahan hidup.  

Selain 3 jenis pola asuh di atas, ada juga pola asuh yang mungkin tidak disadari oleh orang tua, yaitu Pola Asuh Abai dan ini merupakan bentuk pola asuh yang paling berbahaya. Seperti namanya yaitu abai, dalam pola asuh ini orang tua cenderung tidak peduli pada anak dan hampir tidak ada komunikasi antar keduanya. Tentu saja pola asuh abai akan memberi dampak negative terhadap anak di masa depan mereka.

Dari uraian di atas, tentu Anda sebagai orang tua yang lebih paham pola asuh apa yang ingin dipakai dalam mendidik anak. Ketika Anda mengalami stress dalam mendidik anak, coba introspeksi apakah selama ini pola asuh yang diterapkan sudah sesuai dengan kepribadian anak atau belum.

Internet Cepat Telkom Indonesia


IndiHome dan Kemudahan Orang Tua Mempelajari Ilmu Parenting

Bersyukur sekali saat ini perkembangan teknologi sudah semakin pesat, sehingga seluruh masyarakat dipermudah mendapatkan informasi melalui paket internet cepat di rumah masing-masing. Salah satu provider yang ada di Indonesia mampu memberikan layanan paket internet cepat adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.

Teruntuk para orang tua yang ingin mempelajari ilmu parenting dan menerapkan pola asuh pada anak, tentu tak perlu bingung lagi harus belajar dimana. Dengan dukungan internet cepat dari IndiHome, maka orang tua bisa belajar berbagai ilmu pengasuhan yang bisa mendekatkan hubungan dengan anak. Dengan belajar pola asuh terbaik untuk anak, orang tua tak perlu stress lagi ketika anak mulai menunjukkan sikap kontra terhadap keputusan orang tua mereka.

Belajar ilmu parenting dengan menggunakan layanan paket internet cepat yang disediakan IndiHome tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang tua. IndiHome menyediakan 3 layanan yang bisa Anda gunakan untuk berlangganan paket internet cepat, sebut saja:

1. Paket 2P (Internet – Televisi)

Bagi Anda yang sudah jarang menggunakan telepon rumah untuk berkomunikasi, bisa banget berlangganan Paket 2P dari IndiHome yang menyediakan layanan internet dan juga televisi. Anda bisa melakukan panggilan dari aplikasi Whatsapp misalnya jika tidak menginginkan terpasang telepon di rumah.

2. Paket 2P (Internet – Telepon)

Paket 2P ini sangat cocok digunakan di kantor saya karena kebutuhan internet dan telepon yang sangat memiliki intensitas tinggi. Beruntung Telkom Indonesia menyediakan paket internet cepat besama saluran telepon sehingga ketika kantor saya sempat pindah karena renovasi, kami tak perlu repot mengganti nomor telepon karena otomatis jadi satu dengan jaringan inernetnya.

3. Paket 3P (Internet – Televisi – Telepon)

Bagi Anda yang memiliki keluarga kecil, maka paket ini sangatlah cocok karena dapat menikmati beragam tontonan yang menghibur dengan adanya aplikasi streaming seperti Disney Hotstar, WeTv, Vidio dan juga HBO. Tentu saja Paket internet cepat dari IndiHome akan mendukung kenyamanan kita menonton program televisi dari channel favorit tanpa terkendala gangguan sinyal.

Penutup

Sebaiknya dalam hidup ini, kita jangan pasrah pada keadaan, terutama bagi orang tua yang sedang punya masalah dengan pola pengasuhan terhadap anak-anak mereka. Carilah jalan keluar apabila orang tua ada masalah dengan anak, apalagi yang berkaitan dengan pola pengasuhan.

Tak ada kata terlambat untuk belajar apalagi saat ini teknologi sangat menunjang para orang tua untuk menimba ilmu secara informal, khususnya ilmu parenting. Jika orang tua ingin mendidik dan mengasuh anak sesuai harapan, maka galilah lebih dalam ilmu parenting bersama ahlinya. Gunakan IndiHome, paket internet cepat dari Telkom Indonesia untuk mencari segala referensi bagaimana pola pengasuhan anak yang efektif untuk buah hati Anda.

Semoga bermanfaat.



Referensi:

https://indihome.co.id/ 
https://kampuspsikologi.com/5-macam-pola-asuh-orang-tua/

Blogger Surabaya
Blogger Surabaya Selamat datang di blog pribadi saya. Blog ini menerima kerjasama Content Placement. Jika ingin bekerjasama silahkan hubungi via email mariatanjung7@gmail.com

34 komentar untuk "Belajar Parenting Dengan Paket Internet Cepat IndiHome, Bantu Hilangkan Stress Orang Tua Dalam Mengasuh Anak"

  1. Betul banget, kemajuan teknologi memudahkan ortu belajar ilmu parenting di mana saja, berbeda jauh sekali dengan masa dulu. Saya jadi tertarik dengan paket Indihome nih, ada hotstar dan weTV juga. Hehehe

    BalasHapus
  2. Jaman berubah ya mba, kalau dulu kebutuhan utama dikategorikan jadi 3, sandang pangan papan, sekarang plus internet. kalau ngga ada internet berasa mati gaya. Anak sekarang juga kalau internet lemot pada uring-uringan tuh.. peran orangtua tetap mengajarkan pemakaian internet secara bijak pada anak.

    BalasHapus
  3. Belajar lewat online memang menyenangkan, tapi yah itu butuh koneksi internet yang baik, pake indihome yg super ngebut bikin belajar jd lebih happy

    BalasHapus
  4. Semua serba dimudahkan, terutama belajar soal parenting, yang awalnya ada beberapa hal yang menjadi hal lumrah dalam mendidik anak, tetapi setelah belajar di internet dari ahli pakar ternyata hal tersebut salah.

    BalasHapus
  5. Perkembangan anak zaman now dibandingkan masa kecil kita dulu memang jauh banget beda. Jadinya sebagai orang tua, kita perlu memacu diri mencari ilmu yang mudah didapat dengan paket internet yang dimiliki.

    BalasHapus
  6. Menarik sekali, Mbak. Saya paling suka menonton siaran tunda workshop parenting dan diulang-ulang. Yah, meski sekarang lebih banyak yang berbau sejarah. Kuota ga masalah dan tipe auditory, sih. Hihihi.

    BalasHapus
  7. Harus diakui memang layanan internet yg bagus dan cepat sudah jadi kebutuhan kita, dan kebutuhan itu ditangkap oleh indiHome ya, semoga layanannya terus meningkat

    BalasHapus
  8. Ini susahnya ortu sekarang ya, kita dituntut parenting masa kini, tapi pengalaman masa kecil kita tidak ada parenting. Kadang suka menghela nafas, merasa berat dengan adanya ilmu parenting.

    Tapi balik lagi, kita ingin anak tumbuh lebih baik daripada kita. Jadinya penting ortu untuk belajar parenting. Jangan sampai menyesal kemudian menjadi ortu.

    BalasHapus
  9. Pola asuh otoratian ini yang mungkin lebih ideal untuk dilakukan dalam parenting ya mba. Karena anak juga jadi lebih terbuka untuk menyatakan keadaan atau cerita apapun kepada orangtua. Ilmunya bisa kita pelajari lebih banyak di internet berkat paket hemat ya mba

    BalasHapus
  10. Internet cepat memang membantu banget, terutama mengurangi bad mood saat genting. Kalau lemot dan sedang butuh banget rujukan jadi suka sewot ya kan.

    Ilmu parenting memang harus update ya, soalnya generasi anak kita berbeda dengan generasi kita. Jadi kudu punya ilmunya supaya mudah sabar menghadapi kids zaman now

    BalasHapus
  11. Setuju banget nih, dengan internet cepat orangtua bisa belajar banyak hal terutama soal parenting. Apalagi buat aku nih yang punya anak remaja, mesti banyak belajar gimana handle polahnya remaja.

    BalasHapus
  12. Dulu saya banyak membeli buku parenting dna langganan berbagai majalah tabloid. Karena ketika baru menjadi orangtua, internet belum seperti sekarang. Kalau sekarang asik, ya. Ilmu parenting bertebaran dan mudah didapat di internet

    BalasHapus
  13. Bener loh kak. Anak sekarang argumentatif banget. Zaman dulu tuh saya gak berani bilang sama orang tua 'mama gak adil' atau minta alasan kenapa orang tua mau kita begini atau begitu. Nurutttt aja udah.
    Anak sekarang serba reasonable. Itu makanya untuk beberapa hal memang butuh info di internet biar mereka merasa yakin dengan jawaban kita.
    Untungnya ada IndiHome yang mendukung banget peran orangtua.

    BalasHapus
  14. betul sekali kak mengasuh anak bukanlah hal yang mudah ya, beruntung sekarang ada internet cepat dari Indihome ya yang bisa membuat kita terus bisa belajar parenting

    BalasHapus
  15. jaman makin modern bikin kita bisa dapet ilmu dari mana aja ya mom termasuk internet

    BalasHapus
  16. Dengan adanya paket internet cepat, dengan cepat ortu bisa belajar ya. Ortu bisa menjauhi stres.

    BalasHapus
  17. Aku pun bersyukur karena internet cepat IndiHome aku juga belajar banyak soal parenting lewat webinar di masa pandemi. Apalagi pas itu pas anakki golden age dan lagi di masa menata emosi. Jadi punya banyak ilmu dan bekal.

    BalasHapus
  18. Pola pengasuhan anak laki-laki menjelang remaja memang luar biasa, saya pun merasakan betul dan juga harus belajar banyak untuk memahami mereka sesuai tumbuh kembangnya supaya dapat otoritatif

    BalasHapus
  19. Aku termasuk nih yang sangat terbantu dengan internet!
    Apa-apa ditelusuri di internet, termasuk belajar parenting.

    Dari internet aku juga bisa belajar metode parenting apa yang dahulu orang tua terapkan kepada aku dan adik-adikku serta gaya parenting apa sebaiknya yang akan aku adopsi untuk keturunanku kelak.


    BalasHapus
  20. Dulu banget zaman gak paham inet ortu pakai ilmu pengalaman dr ortu zaman dulu untuk belajar parenting. Skrg dah dpt banyak sumber, komunitas parenting pun banyak yg bs diikuti baik berupa online maupun offline ya.Terbantu banget dg internet..

    BalasHapus
  21. Wah IndiHome memang punya peranan penting banget dalam kegiatan sehari-hari saya, termasuk saat membuat konten juga, termasuk buat parenting ya mba, pastinya bermanfaat banget

    BalasHapus
  22. Yup, anak2 sekarang sepertinya cenderung lebih frontal dibanding dulu. Kalau dari 3 anak saya, dari 3, dua anak yang frontal. Yang sulung diam saja tapi gak nrimo :D Melalui internet saya juga belajar banyak, sampai sekarang.

    BalasHapus
  23. Zaman terus berubah. Sekarang belajar apa saja menjadi jauh lebih mudah. Terutama ilmu parenting yang sangat penting untuk mendidik generasi penerus bangsa. Dengan adanya paket internet dari IndiHome sangat menunjang para parents untuk belajar ilmu parenting dengan lebih efektif.

    BalasHapus
  24. Betul.. betul.. betul... Internet sebenarnya memudahkan kita untuk belajar banyak ilmu hanya dari rumah, termasuk ilmu parenting. Apalagi sekarang ada internet cepat dari IndiHome, ya, Mbak.. wusss.. wusss deh sinyalnya.

    BalasHapus
  25. Patut bersyukur ya, sekarang internet bisa membantu berbagai proses pembelajaran,, kalau dulu rasanya sulit banget cari tau tentang segala sesuatu...

    BalasHapus
  26. Waktu anak saya masih di umur balita, saya rajin belajar parenting, saya juga ikut komunitas parenting di medan.
    Tapi, sekarang pas anak udah mulai gede, saya pengen belajar ilmu mengasuh remaja, nah ilmu ini gak sebanyak ilmu pengasuhan anak balita... Duhhhh

    BalasHapus
  27. Anakku dua remaja yang sedang kenceng bantahnya..hiks. Harus terus belajar gimana solusi agar pesan, saran, nasihat tersampaikan tanpa membuat ortu otoriter pun permisif ke anak. Sulit tapi berkat bantuan internet seperti paket internet cepat IndiHome tentu tak ada yang tak mungkin

    BalasHapus
  28. Belajar pengasuhan anak buat keluarga penting, IndiHome mensupport hal itu

    BalasHapus
  29. Anonim20.53.00

    Saya pengguna IndiHome 3 tahun belakangan ini,, rasanya banyak sekali faedahnya belajar daring lewat internet. Bahkan saat memasak pun saya sempat mendengarkan podcast. Seru kan.

    BalasHapus
  30. Pola asuh permisif itu bagus karena membentuk kemandirian. Tapi pola asuh otoriter akan membentuk kepribadian tidak baik bagi anak di masa depan. Dan ini banyak dilakukan orang tua zaman dulu.

    BalasHapus
  31. absolutely, perkejaan yang g ada sekolah ini memang h2c alias harap harap cemas ya mbak. tapi jangan berhenti belajar berilmu supaya bisa beramal

    BalasHapus
  32. Bersyukur jadi ibu di era digital ini ya Mbak karena berbagai kemudahan untuk belajar parenting bisa kita dapatkan, tinggal andalkan internet cepat aja dan yang penting kitanya juga mau belajar

    BalasHapus
  33. Paket internet cepat ini emang bikin emak emak makin berdaya di rumah, ngga kebayang gimana kalo ngga ada internet huhu

    BalasHapus
  34. Duhh bener banget ini mbaa, rasanyaa aku bakal kehabisan idee kasih anak kerjaan di rumah kalo ngga ada internet hahaha

    BalasHapus